Penyebab Kenakanalan Remaja Yang Wajib Diketahui Orangtua

61171 medium post 66743 f99dd14d 620a 4a2f 978a fd32596cc940 2019 05 14t14 53 33.561 08 00

kenakalan remaja belakangan ini semakin mengkhawatirkan saja. Nyaris setiap hari, kita disuguhkan berita kenakalan remaja yang sudah melewati batas kewajaran. Bukan saja mengarah ke kriminalitas biasa, tapi juga kejahatan seksual. Tentu saja hal ini menjadi tanggung jawab semua pihak, terutama orangtua dan keluarga.

Tapi semua tentu saja ada penyebabnya. Masa remaja yang penuh gejolak, kritis, dan tengah mengalami masa transisi ke masa dewasa, membuat remaja sangat rentan terpengaruh kenakalan yang kelewat batas. Bukan itu saja, kenakalan remaja masa kini diperparah oleh banyak hal, di antaranya faktor internal keluarga. Faktor lingkungan juga sangat memberi pengaruh pada perilaku anak remaja.

Berikut ini 5 penyebab kenakalan remaja yang wajib diketahui orangtua. 

1. Lingkungan Pergaulan

Tak hanya keluarga, lingkungan pergaulan pun bisa menjadi penyebab mengapa remaja dapat berperilaku nakal. Teman-teman yang ada di dalam lingkup permainannya pun bisa menjadi pemicu kenakalan pada anak remaja Anda.  Dengan dalih setia kawan, remaja yang masih labil mudah sekali terpengaruh pada hal-hal negatif yang dilakukan temannya.

2. Pendidikan yang terlalu keras

Sebagian orang tua memberikan pendidikan yang keras pada anak dengan harapan, anak mereka  tumbuh seperti yang diharapkan. Padahal, pendidikan yang terlalu keras malah akan membuat anak merasa tertekan sehingga memicu sikap memberontak pada orang tua dan lingkungannya.

3. Kurangnya kasih sayang

Penyebab kenakalan remaja lainnya yang sering terjadi adalah kurangnya kasih sayang dari kedua orang tua. Hal ini dapat menjadi pemicu remaja bertindak hal-hal yang tidak baik di lingkungannya. Karena perhatian serta kasih sayang yang kurang, membuat anak akhirnya mencari pelampiasan. Salah satunya dengan melakukan kenakalan-kenakalan yang terkadang membuat orang tua merasa jengkel. Kenakalan-kenakalan tersebut mereka lakukan dengan tujuan agar diperhatikan oleh orang tuanya.

4. Keluarga tidak harmonis

Menurut banyak psikolog, ketidakharmonisan di dalam keluarga menjadi faktor utama penyebab kenakalan pada anak. Orangtua yang sering bertengkar, adanya tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) akan memicu agresivitas remaja. Dia akan mencari perhatian dengan melakukan berbagai tindak kenakalan. 

5. Terbiasa dimanja

Perilaku orang tua yang tidak tepat terhadap anak bisa menjadi pemicu kenakalan pada anak remaja. Hal ini terkadang tak disadari kebanyakan orang tua, salah satunya yaitu anak yang  terbiasa dimanjakan dari kecil. Anak-anak yang terbiasa dimanja dan dipenuhi segala keinginannya, sampai ia remaja.
Sudah dilihat 70 kali

Komentar