Penyakit Mental seperti Depresi dan Kecemasan Bisa Menular?

64904 medium post 69707 ef7f408c 8e90 4505 a88d 89976b88e10f 2019 06 28t16 39 37.906 08 00
Tidak benar bila ada yang berpikir bahwa penyakit mental kayak depresi, kecemasan, dan stres dapat menular seperti flu.
Menurut psikolog klinis dan forensik California Selatan, Judy Ho, tidak ada penyakit mental yang bisa menular, hanya saja dapat memengaruhi suasana hati orang lain.
Ketika kita menghabiskan waktu bersama orang-orang dengan gangguan kecemasan dan stres, misalnya, kita bisa mulai merasakan emosi yang yang mereka rasakan.
Jo, menekankan, emosi yang menular itu bukan berarti kita juga mengalami kondisi yang sama. Orang lain hanya saja menangkap emosi mereka dan mulai merasakan emosi yang sama.
"Penularan emosi adalah perasaan atau mengekspresikan emosi yang serupa dengan orang-orang di sekitar Anda, karena perasaan mereka membuat Anda percaya bahwa Anda harus memiliki reaksi emosional yang sama," kata Judy Ho.
Profesor Psikiatri Fakultas Kedokteran New York-Presbyterian/Weill Cornel School of Medicine, Gail Saltz menambahkan bahwa penyakit mental bukan disebabkan oleh agen infeksi dan oleh karena itu tidak dapat menular dari penderita.
Penyakit mental lebih rumit dari sekedar tertular flu atau stres karena masalah pertemanan.
"Penyakit mental diduga disebabkan oleh berbagai faktor genetik atau biologi dan lingkungan. Sebagian besar berasal dari sifat yang diwariskan," kata Gail.
"Faktor lingkungan seperti trauma, pelecehan atau bahkan paparan kondisi negatif dapat dikaitkan dengan penyakit mental," Gail menjelaskan.
sumber: liputan6
Sudah dilihat 29 kali

Komentar