PENUTUPAN KEGIATAN LOKAKARYA PELITA

3 0 324
Gambar untuk PENUTUPAN KEGIATAN LOKAKARYA PELITA
DIKPORA - Setelah berproses selama dua hari, kegiatan lokakarya PELITA (Pembelajaran Literasi Kelas Awal) ditutup hari ini oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lombok Utara, Dr. Fauzan, M.Pd. Kegiatan dimaksud terlaksana atas kerjasama Dikpora KLU dengan Program #INOVASI di Hotel Lombok Astoria. Peserta terdiri dari pengawas, perwakilan Kepala Sekolah dan guru di Sekolah Dasar yang mengajar pada kelas Awal (kelas I-III) di wilayah Kabupaten Lombok Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas menyampaikan kondisi terkini dunia pendidikan. Tidak dapat dipungkiri bahwa pesatnya perubahan ilmu pengetahuan, termasuk ilmu pendidikan telah mengubah paradigma guru di sekolah tentang mengajar di dalam kelas dg melibatkan siswa secara aktif dan kreatif (student center). Pembelajaran dan litersi di kelas awal merupakan hal yang menantang bagi sebagian pendidik. Pembelajaran yang dilakukan harus benar-benar mampu membangun motivasi dan konsentrasi belajar anak. Maka selain penguasaan materi pelajaran, maka pengelolaan kelas yang bagus menjadi satu keharusan.

Lebih lanjut, Kepala Dinas menjelaskan bahwa literasi kelas awal merupakan dasar bagi literasi keterampilan literasi di kelas selanjutnya. Urgensinya tidak hanya dilihat dari aspek keterampilan saja tetapi yang paling penting adalah bagaimana sikap siswa terhadap literasi dan motivasi mereka dalam berpartisipasi aktif di semua kegiatan literasi.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pengajaran literasi yang efektif di kelas awal adalah lingkungan belajar dan materi yang akan disampaikan harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Pengalaman belajar yang menyenangkan serta dukungan orang dewasa dapat memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa. Kedua keterampilan tersebut akan sangat berdampak pada keterampilan literasi anak selanjutnya.

Selamat mengimplementsikan ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh selama lokakarya di kelas masing-masing. Semoga memberikan dampak positif bagi tumbungkembang kemampuan literasi anak, sehingga generasi Lombok Utara tumbuh menjadi generasi unggul. Karena memperkuat kemampuan literasi (dan numerasi) bagi siswa di kelas awal penting untuk keberhasilan mereka di kelas selanjunjutnya. Aamiin ...


#FF#

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pray For Indonesia Januari 2021

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Klaten Utara, Klaten  |  17 Jan 2021
  2. Pray For Indonesia From Tangerang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cisauk, Tangerang Kabupaten  |  19 Jan 2021
  3. Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Pembukaan Beasiswa Banyuwangi Cerdas 2021

    Wisnu Artedjo  di  Banyuwangi  |  21 Jan 2021
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar

    Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021
  4. 2
    Komentar

    FGD Prioritasi Advokasi Dana Kelurahan Kota Surakarta

    Tina Dewi S  di  Surakarta Kota  |  15 Jan 2021