Pentingnya Menjaga Kebersihan Tangan

7536 medium cuci tangan
Para ahli alergi percaya bahwa kita perlu tangan kotor untuk memungkinkan mikroba ramah masuk ke dalam mulut kita. Tentu saja ini membingungkan, di mana beberapa ahli lainnya menyarankan kita untuk menjaga kebersihan untuk menghindari penyakit, keracunan makanan dan penularan virus. Jadi, siapa yang benar? berikut penjelasannya.

Sejak tahun 1970an, alergi telah meningkat di semua negara maju. Awalnya, pakar kesehatan menyarankan bahwa untuk mengatasi alergi adalah dengan menghilangkan atau menghindari debu, desinfektan, menghilangkan binatang, dan tinggal di dalam rumah. Tapi ternyata upaya ini dianggap tidak membuahkan hasil.

25 tahun yang lalu, sebuah makalah mengulas hipotesis kebersihan, dan menemukan bahwa anak-anak yang dilahirkan di keluarga miskin yang tinggal di pedesaan, dikelilingi oleh binatang dan debu, justru jarang mengalami alergi. Temuan ini telah direplikasi beberapa kali di seluruh dunia dalam lingkungan yang berbeda. Anak-anak dari keluarga kaya dari lingkungan perkotaan secara konsisten ditemukan memiliki tingkat alergi tertinggi.

Ide awalnya, adalah bahwa anak-anak harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik dan tidak boleh bereaksi berlebihan ketika terkena protein berbahaya seperti serbuk sari atau kacang. Namun mekanisme untuk ini tidak pernah terbukti. Sebaliknya, kesadaran bahwa fungsi sistem kekebalan tubuh kita benar-benar tergantung pada 100 triliun mikroba dalam usus kita (dikenal sebagai microbiome) telah mengubah pandangan peneliti tentang kebersihan.

Mikroba ini merupakan kunci untuk mencerna makanan dan memproduksi vitamin dan bahan kimia yang menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Ketika microbiome normal kita terganggu, kita kehilangan keanekaragaman spesies dan ini membuat kita rentan terhadap respon atas protein berbahaya, dan menyebabkan alergi.

Nah, sekarang kembali ke aturan mencuci tangan. Beberapa orang percaya bahwa penularan virus bisa dikurangi dengan mencuci tangan secara teratur. Namun peneliti menyimpulkan bahwa hal ini justru akan menyebabkan berkurangnya microbiome, yang semakin memperburuk kondis. Namun, jika pekerjaan Anda banyak berurusan dengan makanan, maka sangat penting untuk tetap menjaga kebersihan tangan.

Sumber: Wartakesehatan.com
Sudah dilihat 359 kali

Komentar