PENTING!! PMI LIBATKAN MASYARAKAT TERDAMPAK DALAM TANGANI BENCANA

2 February 2020, 00:22 WIB
7 0 271
Gambar untuk PENTING!! PMI LIBATKAN MASYARAKAT TERDAMPAK DALAM TANGANI BENCANA
Divisi Penanggulangan Bencana Palang merah Indonesia, bertujuan membantu Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) dalam melaksanakan tugasnya dan membantu relawan terkait tugasnya di masyarakat, sehingga memberikan lokalatih Pelibatan Masyarakat dan Akuntabilitas ( CEA ) di markas PMI Kabupaten Banyuwangi 22 januari 2020.

Menurut DR.H Nurhadi MM, selaku wakil ketua 1 Pengurus PMI Kabupaten Banyuwangi, dilatarbelakangi rasa sadar akan keterbatasan yang dimiliki PMI, sehingga melibatkan peran aktif masyarakat dalam upaya mengantisipasi menghadapi bencana. Komunikasi 2arah dibutuhkan agar sasaran tepat, sehingga perlu melibatkan masyarakat untuk mewujudkan tercapainya tujuan kegiatan ini.

CEA adalah Community Engagement and Accountability, yaitu sebuah pendekatan yang ditekankan dalam pelayanan PMI ke pada masyarakat, agar mampu mempertanggung jawabkan apa yang sudah dilakukan dalam keterlibatannya di masyarakat. Menurut Bu Ola panggilan akrab fasilitator PMI Pusat beliau berharap, peserta pelatihan menjadi call center masyarakat , menjadi pembuka komunikasi 2 arah antara PMI dan masyarakat, dan sebagai upaya PMI agar tepat sasaran.
Menurut beliau dengan berpedoman pada 4 komponen dalam CEA, masyarakat terdampak bencana adalah raja , mereka adalah prioritas. Menurut beliau sebagai call center PMI , komponen pertama peserta harus mampu menerima & mencatat complain masyarakat, mengkordinasikanya dan memberikan tindak lanjut pada masyarakat. Kemudian menggali dan menerima informasi dalam membantu penyelamatan bencana, mengedukasi dan memberikan solusi kebencanaan seperti tips kesiapsiagaan, mitigasi, dan pengurangan resiko bencana, lalu peserta harus mampu melakukan komunikasi intensive dalam perubahan prilaku sosial dalam merubah pola pikir, sehingga mampu memberikan pemahaman." ujarnya. Komponen trakhir, menurut beliau "advokasi berbasis fakta, yaitu mengupayakan masyarakat terdampak yang membutuhkan penanganan ke pihak lain terkait pemenuhan kebutuhan dalam kebencanaan."

Disampaikan pula oleh fasilitator, tentang tips Kajian cepat dalam memberikan umpan balik atau tindak lanjut. Peserta harus turun ke masyarakat terdampak dalam menggali informasi apa yang dibutuhkan masyarakat, mencari sumber informasi yang dipercaya, mencari saluran komunikasi yang efektive dan paling diminati, kemudian tentukan siapa yang berperan, dalam memberikan umpan balik, dan menentukan media untuk menyalurkan umpan balik tersebut baik berupa Sms, WA, ataupun tatap muka.

Menurut Aripin Biro Tekhnologi Informasi PMI Pusat, terkait data dan informasi , CEA harus menjembatani PMI dengan sektor layanan yang terkait dengan PMI itu sendiri, demi meningkatkan kembali layanan kepada masyarakat. Perlu diketahui data adalah fakta mentah yang belum di olah , dan informasi merupakan hasil data yang sudah diolah, dan bisa diterima akal pikiran penerima informasi untuk pengambilan keputusan.

# komunikasi 2arah penting libatkan masyarakat supaya tepat sasaran.

  Komentar untuk PENTING!! PMI LIBATKAN MASYARAKAT TERDAMPAK DALAM TANGANI BENCANA

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. VERIFIKASI NO HP TERDAFTAR UNTUK PROGRAM KJP PLUS DAN KJMU

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Jatinegara, Jakarta Timur  |  6 Apr 2020
  2. PENDAFTARAN DAN PENGKAITAN REKENING KJP PLUS DAN KJMU KE JAKONE MOBILE

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cilincing, Jakarta Utara  |  6 Apr 2020
  3. Keseriusan Warga BTN Kopang dalam Pencegahan COVID - 19

    narma  di  Kopang, Lombok Tengah  |  6 Apr 2020
  4. Gotong Royong Warga Desa Sugihan Solokuro Dalam Melawan Virus Corona

    AgungDrupadi  di  Solokuro, Lamongan  |  6 Apr 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    FAMILY QUALITY TIME.

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  6 Apr 2020
  2. 4
    Komentar
  3. 3
    Komentar

    Cara Dapatkan Token Listrik Gratis Untuk Pelanggan Prabayar PLN 450 VA dan 900 VA

    Gibran Waluyo  di  Bandung Kabupaten  |  2 Apr 2020
  4. 3
    Komentar

    PASIEN SEMBUH COVID 19 Terus Bertambah

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  5 Apr 2020