Penjelasan PLN masalah pemadaman listrik saat hujan deras kamis lalu di Bekasi

43019 medium screenshot 20181217 092014
Masih ingat dengan hari kamis yang lalu (13/12), ketika hujan deras yang melanda hampir semua wilayah Bekasi dan wilayah sekitarnya, hingga berujung pemadaman listrik di hampir semua wilayah Bekasi, sampai pusat perbelanjaan sampau lampu pengatur jalan atau lampu traffic light ikut padam pula.
Menyingkapi masalah tersebut, Asisten Manajer Jaringan PLN Area Bekasi Yudho Rahadianto, membenarkan jika ada pemadaman listrik di Kota Bekasi, saat hujan deras disertai angin kencang dan petir yang melanda pada Kamis( 13/12/2018).
Pemadaman tersebut di karenakan gardu pemasok listrik Subsistem Cibinong yang mengaliri listrik (interkoneksi) ke Subsistem Bekasi mengalami ganguan akibat hujan deras disertai angin kencang dan petir.
"Betul, bersamaan (hujan deras) dan mengakibatkan Trafo 500 MVA (mega volt ampere) di Cibinong Trip (mati)," kata Yudho saat dikonfirmasi TribunJakarta.com.
Selama 20 menit Kota Bekasi alami pemadaman listrik, dari jam 18:35 wib sampai jam 18:55 wib.
Untuk memasok listrik lantaran trafo tersebut mati, PLN area Bekasi Raya melaksanakan pengalihan arus beban Kota Bekasi sebesar 200 Mega Watt (MW) dari Subsistem Cibatu.
"Hal itu (pengalihan arus) memerlukan waktu selama 20 menit, bahwa ada pemadaman sebesar 200 MW sehubungan ada gangguan di Subsistem Cibinong yang interkoneksi di tegangan 500kV dengan Subsistem Bekasi," katanya.
Sumber: TribunJakarta.com
Sudah dilihat 39 kali

Komentar