Pengumuman Seleksi Sumber Daya Manusia PKH Kementrian Sosial Tahun 2019

24 November 2019, 22:45 WIB
4 0 382
Gambar untuk Pengumuman Seleksi Sumber Daya Manusia PKH Kementrian Sosial Tahun 2019
Peringatan
Lowongan ini tidak dikenakan biaya. Apabila kamu dimintai uang sewaktu mendaftar atau wawancara, segera laporkan postingan ini.
  • Penuh waktu
  • Info gaji tidak tersedia
PKH merupakan singkatan dari Program Keluarga Harapan, yaitu program perlindungan sosial melalui pemberian uang non tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang memiliki ibu hamil/nifas/menyusui, dan/atau memiliki anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan SD, dan/atau memiliki anak usia SD dan/atau SMP dan/atau anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar. Peserta PKH akan menerima bantuan apabila menyekolahkan anaknya dengan tingkat kehadiran tertentu, memeriksakan kesehatan dan/atau memperhatikan kecukupan gizi dan pola hidup sehat anak dan ibu hamil. Program semacam ini secara internasional dikenal sebagai Program Conditional Cash Transfers atau Program Bantuan Tunai Bersyarat.

Tujuan PKH adalah untuk mengurangi angka dan memutus rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin. Tujuan ini berkaitan langsung dengan upaya mempercepat pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs).

Sejak tahun 2012, untuk memperbaiki sasaran penerima PKH, data awal untuk penerima manfaat PKH diambil dari Basis Data Terpadu hasil PPLS 2011, yang dikelola oleh TNP2K. Sampai dengan tahun 2014, ditargetkan cakupan PKH adalah sebesar 3,2 juta keluarga.Sasaran PKH yang sebelumnya berbasis Rumah Tangga, terhitung sejak saat tersebut berubah menjadi berbasis Keluarga. Perubahan ini untuk mengakomodasi prinsip bahwa keluarga (yaitu orang tua–ayah, ibu–dan anak) adalah satu orang tua memiliki tanggung jawab terhadap pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dan masa depan anak. Karena itu keluarga adalah unit yang sangat relevan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam upaya memutus rantai kemiskinan antar generasi. Beberapa keluarga dapat berkumpul dalam satu rumah tangga yang mencerminkan satu kesatuan pengeluaran konsumsi (yang dioperasionalkan dalam bentuk satu dapur). PKH diberikan kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM). Selanjutnya pada tahun 2016 Peserta PKH ditambahkan 2 kategori yaitu penerima bantuan untuk Lanjut Usia diatas 70 Tahun ke atas dan Bantuan penyandangan disabilitas berat.

Bantuan tetap kepada Peserta PKH sebesar Rp. 500.000/tahun (tidak diperuntukkan bagi penyandang disabilitas berat dan lanjut usia). Untuk Peserta PKH yang memiliki anak dibawah 6 tahun dan/atau ibu hamil/nifas/menyusui, bantuan tambahan yang diterima adalah sebesar Rp. 1.200.000/tahun. Kemudian, bagi Peserta PKH yang memiliki anak peserta pendidikan setara SD/MI akan memperoleh tambahan bantuan sebesar Rp. 450.000/tahun, bagi Peserta PKH yang memiliki anak peserta pendidikan setara SMP/MTs akan memperoleh bantuan sebesar Rp. 750.000/tahun dan bagi Peserta PKH yang memiliki anak peserta pendidikan setara SMA/MA/sederajat akan memperoleh bantuan sebesar Rp. 1.000.000/tahun. Bagi penerima bantuan penyandang disabilitas berat akan memperoleh 3.600.000/Tahun, dan bagi penerima bantuan lanjut usia di atas 70 tahun akan memperoleh 3.600.000/Tahun.

Program lowongan ini  adalah sebagai bentuk penguatan program terkait penurunan kemiskinan dan kelaparan di Indonesia
Kementerian Sosial (Kemensos) membuka rekrutmen Pendamping Keluarga Harapan (PKH) mulai 22 – 26 November 2019. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui https://kemsos.go.id dan https://pkh.kemsos.go.id.

Rekrutmen PKH Kemensos ini dibuka untuk lulusan SMA hinga S1. Terdapat empat jabatan yang dibuka yaitu Pendamping Sosial, Pendamping Sosial Akses, Asministrator Pangkalan Data dan Koordinator Kabipaten atau Kota. Jumlah lowongan untuk Pendamping sosial mencapai 2.500 kuota, lowongan administrator pangkalan data 15 kuota dan koordinator kabupaten atau kota sebanyak 20 kuota. Lokasi penempatan untuk dibuka untuk Provinsi Aceh, Banten, Bengkulu, DKI jakarta, Gorontalo, Jambi, Jabar, Jateng, Jatim, Kalbar, Kalsel, Kaltim dan Kaltara. Selanjutnya Kepulauan Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Maluku, Maluku Utara, NTB, NTT, Papua, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sualwesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.


#AtmaGoBanten

Cara melamar

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk melihat cara melamar pekerjaan ini dan pekerjaan lainnya!

Masuk  atau  Daftar

  Komentar untuk Pengumuman Seleksi Sumber Daya Manusia PKH Kementrian Sosial Tahun 2019

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Related Posts

Terbaru

Loker
18 Jan 2020

Food Advisor

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Gambir, Jakarta Pusat
Loker
18 Jan 2020

Penjahit

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Jakarta Pusat

Terpopuler

  1. PETUGAS KEBERSIHAN DAN PETUGAS KEAMANAN

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Jakarta Timur  |  9 Jan 2020
  2. Lowongan Kerja Kasir BUMN Pegadaian

    Gibran Waluyo  di  Jakarta Timur  |  10 Jan 2020
  3. Lowongan Kerja Security/Anggota Pengamanan di PT PDS Pelindo III

    Gibran Waluyo  di  Jakarta Pusat  |  7 Jan 2020
  4. Lowongan Kerja PT Kereta Api Indonesia Untuk Lulusan SMA (16-19 Januari 2020)

    Indah Pratiwi  di  Tanah Abang, Jakarta Pusat  |  17 Jan 2020

Komentar Terbanyak

  1. 6
    Komentar

    Lowongan Kerja Crew Restoaran di Nedhisei Muara Karang

    Gibran Waluyo  di  Penjaringan, Jakarta Utara  |  6 Jan 2020
  2. 3
    Komentar

    Lowongan Kerja Driver Mobil Pick Up Lulusan SMP (Walk In Interview)

    Gibran Waluyo  di  Tambora, Jakarta Barat  |  15 Jan 2020
  3. 2
    Komentar

    Lowongan Kerja Barista Janji Jiwa Danau Sunter

    Gibran Waluyo  di  Penjaringan, Jakarta Utara  |  8 Jan 2020
  4. 2
    Komentar

    Lowongan Kerja Pan&Co Summarecon Mall Serpong

    Indah Pratiwi  di  Serpong, Tangerang Selatan Kota  |  15 Jan 2020