Pengelola Wisata Pule Payung Rintis Kerjasama dengan Kelompok Tani

54710 medium post 60814 bbec9016 ac7d 4ac8 aa5b 4b6b3d386c6e 2019 03 20t21 13 14.412 07 00
Perbukitan menoreh di wilayah Kabupaten Kulon Progo terdiri dari 4 Kecamatan diantaranya Kecamatan Kokap, Kecamatan Girimulyo, Kecamatan Samigaluh dan Kecamatan Kalibawang. Saat ini bergerak menyambut perubahan tata ruang dengan menggerakan masyarakat melalui berbagai jenis usaha industri rumah tangga dan pariwisata. Tujuanya agar warga mampu menjadi pelaku utama dalam perubahan tersebut dan mendapatkan keuntungan, bukan sekedar menjadi penonton.
Kerjasama antar wilayah antar kelompok atau antar warga menjadi sangat penting dalam pengembangan kawasan di perbukitan menoreh.
Seperti yang terjadi pada hari Jumat 15 Maret 2019 di kawasan wisata Pule Payung Kecamatan Kokap Kulon Progo, antara kelompok pengelola wisata dengan Kelompok Pengolah Susu Kambing Gotro dan Kelompok Tani Wanita Manunggal Karyo dari Desa, Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh Kulon Progo.
Pertemuan yang membahas kerjasama mengutungkan antar kelompok yang dapat dilakukan. Ratman pengelola wisata Pule Payung tetap mempertahankan karakter wilayah dengan memproduksi makanan lokal selain untuk menunjukan kepada tamu wisata semangat bela beli Kulon Progo.
Produk susu kambing adalah salah satu ciri khas yang bisa diangkat bersama sama untuk dikembangkan, demikian juga produk olahan keripik dari manunggal karyo.
Meskipun untuk olahan susu kambing masih terdapat beberpa kendala diantaranya adalah penyimpanan olahan ice cream dan susu segar masih diperlukan pendingin. #desakebonharjo
Sudah dilihat 48 kali

Komentar