Pengamatan Consultan Teknik Kontruksi Rumah Aman Gempa

22 February 2020, 09:49 WIB
4 0 277
Gambar untuk Pengamatan Consultan Teknik Kontruksi Rumah Aman Gempa
Program Kesiapsiagaan Gempa Bumi yang diprakarsai PMI Banyuwangi kerjasama dengan Palang Amerika dengan dukungan USAID, dilaksanakan di 2 wilayah kelurahan Mojopanggung dan Taman baru.

Berbagai macam pelatihan dan peningkatan kapasitas pada Sibat, Relawan, melibatkan tokoh masyarakat dan masyarakat, dilakukan PMI sebagai upaya kesiapsiagaan mengurangi dampak resiko bencana gempa bumi di Banyuwangi.

Kegiatan Pelatihan pembekalan PMI di mulai dari Recruitmen, analisa resiko wilayah, pengkajian resiko melibatkan masyarakat, penentuan titik kumpul pengungsian dan jalur evakuasi, pemetaan resiko dan pembuatan peta resiko atau mengenali wilayahnya adalah daerah rawan bencana, mendata kerentanan dan kapsitas wilayah, hingga pelatihan sosial media, jurnalis warga dan publikasi untuk respon kemandirian masyarakat terhadap bencana.

PMI saat ini sampai pada rencana proses sosialisasi penguatan rumah aman gempa yang istilah asingnya disebut Retrofitting. Untuk itu PMI melibatkan ahlinya dari Jakarta yaitu Mr. Arwin Soelakso beliau Consultan Teknik Kontruksi yang banyak dilibatkan dalam bangunan kebencanaan.

" Saya bersyukur selama melakukan pengamatan bangunan di wilayah Mojopanggung dan Taman baru, apa yang saya harapkan dari survey ini sudah saya dapatkan dan cukup terpenuhi sesuai target dan harapan saya" jelas beliau pada Lurah Mojopanggung Tri Kusuma Jaya.

Mr. Arwin bersama Bu Hanna perwakilan PMI pusat selama 2 hari berturut turut sejak 20 sampai 21 Februari 2020 lalu ditemani staf PMI Banyuwangi dan Sibat dari kedua wilayah, melakukan survey bangunan rumah dan toko bangunan ke 2 lokasi kelurahan pelaksana program. Menurutnya ini adalah sebuah penelitian tipology rumah dan mengetahui ketersediaan toko bangunan akan material untuk memperkuat rumah agar aman gempa. Kegiatan ini sebagai bahan beliau untuk rencana sosialisasi retrofitting dan pelatihan tukang yang akan dijadwalkan PMI Banyuwangi menyusul kemudian.

Berdasarkan bangunan , menurut Mr. Arwin tingkat ekonomi masyarakat taman baru lebih baik dibanding Mojopanggung. Karena di Mojopanggung masih banyak ditemukan rumah rumah lama dari bambu peninggalan nenek moyang.

"Menurut Heny Sibat Mojopanggung, masyarakat Cungking Mojopanggung masih kuat nilai adat dan tradisinya, banyak masyarakat yang pekerjaanya turun temurun menjadi tukang dan bertaruh kerja di Bali , karena merasa di Bali penghasilannya lebih menjanjikan."

Pengamatan Mr. Arwin," banyak rumah yang dibangun tanpa pilar, dan banyak juga segi tiga nya tanpa kuda kuda, berat dan beresiko, Ini adalah kerentanan, di kedua wilayah." ungkapnya. Namun beberapa yang diteliti ada juga yang memakai kaidah bangunan aman walau belum menyeluruh. Namun sepanjang survey Beliau terlihat lebih tertarik dengan rumah adat Banyuwangi di Lingkungan Mojoroto Kelurahan Mojopanggung yang ternyata lebih ramah gempa.

# 20-21 survey bangunan

  Komentar untuk Pengamatan Consultan Teknik Kontruksi Rumah Aman Gempa

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Lawan Corona, Karang Taruna Desa Kedung Jaya melakukan kegiatan spraying Desinfektan

    Ariefbocahwates  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  25 Mar 2020
  2. KARANG TARUNA BUNI BAKTI MENGGANDENG FORUM REMAJA UNTUK PENCEGAHAN COVID-19

    Ariefbocahwates  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  28 Mar 2020
  3. RELAWAN APIK LAKUKAN PENGGALANGAN DANA DONASI COIN CORONA

    Abdul Hakim Sanii  di  Tarumajaya, Bekasi Kabupaten  |  27 Mar 2020
  4. Penyemprotan Disinfektan di Kel. Wirogunan sebagai Aksi #GASAKita

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  27 Mar 2020

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Merindukan Bale Bangket Buger (MB3)

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  27 Mar 2020
  2. 5
    Komentar

    PUSKESDES (Pusat Kesehatan Desa)

    Emy sibat mojopanggung  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  26 Mar 2020
  3. 4
    Komentar

    Belanja Dari Rumah, Ini Nomor Kontak Berbagai Pedagang Pasar Di DKI Jakarta

    Alfan Kasdar Kasdar  di  Jakarta Pusat  |  30 Mar 2020
  4. 4
    Komentar

    Suara Siswa SMA, UN di tiadakan (?) #WargaLawanCorona

    Ranty Meyliana  di  Tolitoli  |  30 Mar 2020