PENDIDIKAN KELUARGA

33687 medium post 42242 932cfe42 4fc0 43c5 a8c7 643be3dfa58b 2018 09 23t19 24 41.056 08 00
Pendidikan keluarga merupakan pendidik yang pertama dan utama. Peran penting keluarga dalam pendidikan telah dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara sejak tahun 1935, sebagai bagian dari Tri Sentra Pendidikan, yaitu: alam keluarga, alam perguruan, dan alam pergerakan pemuda. Kemitraan Tri Sentra Pendidikan diharapkan dapat membangun ekosistem pendidikan yang mampu menumbuhkembangkan karakter dan budaya berprestasi.

Mengingat perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi memberikan tantangan  dalam pendidikan anak di masa kini. Misalanya penyalahgunaan internet oleh anak dengan mengakses konten negatif sehingga akan berpengaruh bagi tumbuh kembang anak, maka disinilah peran keterlibatan keluarga di lembaga pendidikan sangatlah urgen, karena guru di sekolah tidak akan mampu menghadapi sendiri tampa sokongan dari orang tua (keluarga) yang lebih banyak bersama di rumah.

Dalam menghadapi zaman yang semakin maju dan modern di era kekinian yang serba digital, maka peran keluarga dalam membantu tenaga pendidik atau guru di pendidikan formal sangatlah urgen. Pendidikan tidak hanyak tanggung jawab guru di sekolah namun juga tanggung jawab bersama baik dengan keluarga dengan pendidikan in-formalnya maupun dengan masyarakat dengan pendidikan non-formalnya.

http://www.indonesiadigitallearning.com

http://menzour.blogspot.com
Sudah dilihat 37 kali

Komentar