Pencemaran Kali Cileungsi Jadi Perhatian DPR RI

31915 medium img 20180901 wa0028
CILEUNGSI, AYOBOGOR.COM -- Pencemaran kali Cileungsi yang terlihat sejak beberapa pekan terakhir ini turut menjadi perhatian Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mendatangi lokasi kali untuk melihat langsung pencemaran yang terjadi di kali tersebut.

"Saya mendengar laporan dari masyarakat tentang adanya pencemaran kali Cileungsi dan sekarang bisa kita lihat langsung karena kalau tidak lihat langsung kita tidak bisa membayangkan seperti apa," ujar Fadli Zon usai meninjau, Sabtu (1/9/2018).

Ketika melihat langsung kali Cileungsi Fadli Zon melihat aliran kali telah berubah menjadi berwarna hitam dan mengeluarkan bau yang tidak enak.

"Menurut laporan Komunitas Peduli Sungai Cileungsi dan Cikeas menyampaikan bahwa masalah pencemaran sungai ini adalah adanya sejumlah pabrik atau industri yang mereka membuang limbahnya tanpa melalui proses yang seharusnya," kata Fadli Zon.

Fadli Zon menuturkan pada musim hujan pencemaran tidak terlihat namun ketika adanya musim kemarau panjang jelas terlihat adanya pencemaran yang diduga disebabkan oleh limbah pabrik.

Menurutnya meski perlu penelitian lebih lanjut namun kadar kimia pencemaran sungai diperkirakan cukup tinggi hal ini terlihat dari ikan sapu-sapu yang biasanya tahan terhadap air keruh ditemukan mati pada bibir sungai.

"Kita belum tahu sejauh mana unsur kimia sungai ini karena masih diteliti nanti kalau ketahuan akan kelihatan sejauh mana dan dari situ bisa ditelusuri limbah apa yang dibuang oleh industri," kata Fadli Zon.

Disebabkan pencemaran sungai yang mengawatirkan itu Fadli Zon akan menyampaikannya untuk dibahas di lingkungan DPR RI dan kepada sejumlah pihak-pihak terkait agar melakukan tindakan lebih lanjut.

"Saya kira ini harus ada tindak lanjut nanti kami akan proses laporan masyarakat ini termasuk kepada kementerian lingkungan hidup supaya kali kita ini menjadi lebih bersih. Saya juga akan sampaikan langsung ini ke DPR komisi VII," pungkas Fadli Zon.

Oleh Husnul Khatimah, pada Sep 02, 2018
Editor : Andres Fatubun
Sudah dilihat 31 kali

Komentar