Pemudik Pelabuhan Merak Lebih Teratur

63044 medium s4
Pemudik yang hendak menyeberang ke Sumatera dari Pulau Jawa memilih memadati Pelabuhan Merak di waktu tertentu. Pemilihan waktu itu, dapat menjadi salah satu faktor padat tidaknya kondisi pelabuhan.

Pantauan dilokasi, dari H-5 Jum'at (31/5) sampai H-2 Senin(3/6), pemudik mulai berdatangan ke Pelabuhan Merak pada pukul 03.00 WIB dan pukul 15.00 WIB. Sementara pukul 08.00 WIB - pukul 00.00 WIB terlihat sepi dari pemudik.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi mengatakan, bahwa arus mudik lebaran di 2019 lebih teratur dan terkendali. Sebab libur bersama yang terbilang panjang.

"Sehingga membuat arus berangkat lebih terdistributif. Bahkan hingga saat ini, layanan arus mudik penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan normal dan terkendali," kata Ira kepada awak media, belum lama ini.

Sedangkan untuk data pemudik, Ira mengklaim,Vkenaikan 69,4 persen. Karena tercatat sudah 556.727 orang pemudik yang menyebrang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatra. Sedangkan tahu lalu, tercatat sebanyak 803 ribu orang yang telah menyeberang dari Jawa menuju Sumatera sejak H-7 sampai H-1.

"Jika melihat data, tren mudik dari Jawa ke Sumatera tahun ini mengalami kenaikan. Mahalnya harga tiket pesawat mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi darat, termasuk penyeberangan. Terlebih Lebaran tahun ini, pengguna jasa mulai mengatur dengan baik jadwal keberangkatan di waktu awal sehingga puncak arus mudik lebih merata," ungkapnya.

Tidak lupa, Ira juga mengimbau, kepada seluruh pengguna jasa agar mempersiapkan dengan baik jadwal perjalanan mudiknya, termasuk menjaga stamina kesehatan tubuh dan kendaraan.

"Harus jaga kesehatan tetap prima, serta kendaraan yang digunakan agar mudik dapat berjalan asyik dan lancar. Bagi pemudik Kapal Ferry dapat memanfaatkan pembelian tiket secara online serta pembayaran tiket dengan kartu elektronik. Siapkan E-KTP dan saldo cukup kartu elektroni, sehingga tidak ada hambatan saat proses pembayaran," tandasnya.

Sudah dilihat 23 kali

Komentar