Pemkot Depok Maksimalkan Penataan Arsip Digital Lewat Aplikasi Si Mpok

67688 medium 24072019
Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) terus melakukan penataan arsip secara digital. Melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kearsipan Kota Depok (Si Mpok), pengelolaan arsip di Kota Depok menjadi lebih rapi.

Sekretaris Daerah Kota Depok Hardiono mengatakan, saat ini Pemkot sudah memiliki aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengelolaan arsip baik secara dinamis maupun statis. Tentunya diharapkan penataan arsip dapat semakin baik dan mudah diakses.

“Untuk arsip digital sudah ada. Saat ini sedang proses dan dipersiapkan agar dapat digunakan secara optimal oleh Perangkat Daerah di Depok,” tuturnya kepada depok.go.id di aula Gedung Perpustakaan Umum Kota Depok, belum lama ini.

Dikatakan Hardiono, keberadaan aplikasi Si Mpok tersebut menjadi bagian penting penunjang keberhasilan Depok Smart City dan e-Government. Aplikasi ini diharapkan menjadi tolok ukur keberhasilan pemerintahan dalam pengelolaan arsip daerah.

Senada dengan Hardiono, Kepala Diskarpus Kota Depok Siti Chaerijah menuturkan, aplikasi Si Mpok sudah berjalan sejak tahun 2018. Saat ini, keberadaannya terus dimaksimalkan untuk pengelolaan arsip.

“Saat ini kami maksimalkan untuk arsip dinamis karena arsip tersebut masih digunakan dan aktif di Perangkat Daerah. Untuk arsip statis tetap akan dikelola setelah arsip dinamis tersebut sudah maksimal,” jelasnya.

Siti menambahkan, dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan dapat mempermudah semua Perangkat Daerah (PD) dalam penyimpanan arsip. Sebab, administrasi arsip adalah hal yang sangat penting, mengingat peran arsip sebagai sumber informasi, data, dan bahan bukti pertanggungjawaban terhadap generasi mendatang.

sumber: pemkotdepok
foto: pemkotdepok
Sudah dilihat 26 kali

Komentar