Pemkot Bekasi Daftarkan 16.843 Kader Posyandu dan PKK ke BPJS Ketenagakerjaan

25 January 2019, 09:11 WIB
0 0 120
Gambar untuk Pemkot Bekasi Daftarkan 16.843 Kader Posyandu dan PKK ke BPJS Ketenagakerjaan
Pemerintah Kota Bekasi kembali mendaftarkan garda terdepannya sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Kali ini giliran 16.843 kader Posyandu juga Pengurus Pembinaan Kesejahteraan Keluarga tingkat kelurahan, kecamatan, dan Kota Bekasi, serta pendamping kader penggerak yang didaftarkan.

Kesepakatan pendaftaran dituangkan dalam perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kota Bekasi dengan BPJSTK Cabang Bekasi Kota. Penandatanganan dilakukan di sela pelaksanaan upacara Senin 21 Januari 2019 di Plaza Pemkot Bekasi.

Seusai penandatanganan, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan langkah tersebut merupakan upaya pemerintah terhadap warga masyarakat yang menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan. "Mereka merupakan instrumen yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Pemerintah sangat terbantu dengan peran mereka di lapangan," kata Rahmat.

Dengan didaftarkannya para kader Posyandu juga pengurus PKK dan pendamping kader sebagai peserta BPJSTK, diharapkan ada ketenangan bagi mereka saat melakukan tugasnya di lapangan.

"Namanya bekerja, melayani masyarakat, ada saja risiko yang bisa dihadapi. Dengan dilindungi BPJSTK, tentunya mereka akan merasa lebih tenang dan aman," kata Rahmat.

Rahmat pun menyebutkan manfaat yang sudah dirasakan oleh peserta BPJSTK yang didaftarkan Pemkot Bekasi. "Sudah ada setidaknya enam peserta yang meninggal setelah didaftarkan sebagai peserta BPJSTK. Alhamdulillah keluarga ahli waris bisa mendapatkan santunan yang bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan hidup," katanya.

Para kader Posyandu dan pengurus PKK merupakan instrumen pemerintahan tahap tiga yang diikutsertakan sebagai peserta BPJSTK. Yang pertama kali didaftarkan ialah Tenaga Kerja Kontrak lalu menyusul 1.732 anggota Perlindungan Masyarakat.

"Tahap selanjutnya mungkin masih ada, semisal marbot masjid, yang pasti mereka yang menjadi instrumen pemerintah melayani warga akan kami pikirkan kesejahteraannya," katanya. [pikiran-rakyat]

  Komentar untuk Pemkot Bekasi Daftarkan 16.843 Kader Posyandu dan PKK ke BPJS Ketenagakerjaan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!