Pemkab Malang Siap Ubah Rencana Tata Ruang dan Wilayah untuk Menggaet Investor KORSEL

4 October 2016, 4:01
20 0 145
Gambar untuk Pemkab Malang Siap Ubah Rencana Tata Ruang dan Wilayah untuk Menggaet Investor KORSEL
Bupati Malang Rendra Kresna menambahkan, awalnya Pemkab Malang menawarkan agar terminal terapung ini dibuat di Pantai Sendangbiru saja. Karena konsep sebelumnya, pelabuhan akan dipusatkan di Pantai Sendangbiru. Apalagi, pusat perdagangan ikan juga ada di pantai itu. Hanya saja, imbuh Rendra, pihak dari perusahaan asal Korea Selatan ini tidak mau dermaganya terhalang oleh Pulau Sempu.

Karena mereka menganggap, Pulau Sempu itu akan mengganggu kelancaran transportasi laut. ”Apalagi mereka juga tahu, izin kapal besar melintasi kawasan Pulau Sempu ini tidak mudah. Karena itu menjadi kawasan konservasi. Akhirnya dipilih di kawasan lain,” imbuh Rendra.

Sejauh ini, imbuh Rendra, dirinya percaya bahwa investor asal Korea Selatan ini cukup serius. Itu bisa dia lihat dari hasil pemaparannya yang detail. Bahkan, mereka juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian RI sebelum datang ke Pemkab Malang. ”Saya positive thinking saja, mereka serius. Bahkan setelah ini akan ada pertemuan lanjutan,” tegas pria yang menjabat bupati selama dua periode tersebut.

Yang jelas, imbuh Rendra, Pemkab Malang sangat berharap realisasi dari rencana tersebut. Bahkan, kalau harus mengubah peraturan daerah tentang RTRW (rencana tata ruang dan wilayah), pemkab pun siap. Karena kehadiran investasi yang membangun terminal terapung itu akan berdampak besar pada perekonomian warga di Kabupaten Malang. ”Tentu kami siap membantu sesuai dengan fungsi pemkab. Misal soal perda, izin, dan urusan keamanan. Secepatnya lebih baik,” ujarnya.

Sama dengan investor asal Korea Selatan, investor Tiongkok juga sudah berkomunikasi dengan Rendra. Rencananya, Senin (3/10), investor asal Tiongkok itu datang ke Pemkab Malang untuk melakukan pemaparan konsep detailnya. ”Kami tunggu saja yang dari Tiongkok. Yang jelas, mereka tertarik ke Kabupaten Malang setelah JLS (jalan lingkar selatan) sudah hampir tuntas. Mereka sudah menghitung potensinya yang besar itu,” tandas Rendra. (RadarMalang)

  Komentar untuk Pemkab Malang Siap Ubah Rencana Tata Ruang dan Wilayah untuk Menggaet Investor KORSEL

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!