Pemkab Brebes Kucurkan Rp 11 Milyar untuk Pegiat Agama

Header illustration
(Brebes) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah, mengucurkan dana bantuan untuk pembinaan bagi pegiat agama sebesar Rp 11 Milyar lebih. Bantuan tersebut diberikan sebagai tanda terima kasih kepada para pegiat agama yang teridiri para guru ngaji, guru madrasah, imam masjid dan mushola, juru dakwah, penghafal quran, pengasuh pondok pesantren dan lainnya yang selama ini mengabdi ikut membangun masyarakat.


"Pemkab memandang pegiat agama seperti guru ngaji dan lainnya telah berjasa membangun rohani sehingga melahirkan generasi yang bermoral dan qurani," kata Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE saat sambutan pembinaan dan penyerahan bantuan secara simbolis di halaman kantor Kecamatan Paguyangan, Selasa 03 April 2018.

Menurutnya, menjadi guru mengaji di masjid dan mushola yang selama ini dilakoni para ustadz dan Kiai didasari atas niat ihlas, tanpa berharap imbalan atau lillahi ta'ala. Namun atas keikhlasan tersebut, justru menjadi perhatian Pemkab Brebes.

"Untuk itu, Pemkab Brebes menggulirkan dana stimulan bagi guru ngaji," ujar Idza.

Idza juga mengucapkan terima kasih kepada para ustadz dan ustadzan guru ngaji juga para kiai yang dengan ikhlas telah meluangkan waktunya mencurahkan ilmu kepada umat Islam yang belajar membaca dan memahami Al Quran. Dengan telaten para guru ngaji setiap hari mendidik dan membina serta mengajarkan ilmunya di masjid, mushola maupun rumah masing-masing.

“Bantuan yang tidak seberapa ini, mudah-mudahan menambah barokah,” kata Idza.

Dia menjelaskan, pemberian bantuan sebagai realisasi dari program pembangunan Pemkab Brebes yang mengutamakan moral spiritual dan juga fisik. Sekaligus sebagai penghargaan untuk para pegiata agama sebagai bukti penyeimbang antara pembangunan jasmani dan pembangunan rohani.

"Bantuan dari Pemkab Brebes ini sudah berjalan beberapa tahun dan selalu meningkat tiap tahunnya terutama jumlah penerimanya," kata Idza.

Asisten I Setda Brebes, H Athoillah Satori yang mendampingi Bupati pada acara tersebut mengatakan, total bantuan yang diberikan mencapai Rp 11 Milyar lebih. Dana sebesar itu diberikan untuk 22.040 penerima yang merupakan para pegiat agama.

Menurutnya, bantuan bersifat stimulant berdasarkan usulan dari lebe (kaur kesra) di masing-masing desa atas persetujuan kepala desa. Mekanismenya, yang bersangkutan, dipilih secara selektif.

"Data itu diserahkan kepada Kecamatan masing-masing untuk diusulkan kepada Bupati," katanya.

Hadir pada kesempatan penyerahan tersebut, anggota DPRD Brebes asal Kecamatan Paguyangan, antara lain Tri Murdiningsih MPsi, Ahmad Mafrukhi SE dan Zamroni SAg dan beberapa pejabat Muspika Paguyangan.

Panturanews.com
Sudah dilihat 33 kali

Komentar