Pemda Buol Siapkan Rp 37 Miliar untuk Jaring Pengaman Sosial Jelang PSBB

12 May 2020, 01:56 WIB
1 0 13
Gambar untuk Pemda Buol Siapkan Rp 37 Miliar untuk Jaring Pengaman Sosial Jelang PSBB
Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, sudah disetujui setelah terbit SK Menteri Kesehatan tertanggal 9 Mei 2020. Namun penjabaran tentang PSBB diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) yang sekarang sedang diajukan ke Gubernur Sulteng untuk pengesahan.

Hal itu disampaikan Bupati Buol Amirudin Rauf, Senin (11/5), mengenai kepastian pemberlakuan PSBB di daerah yang dipimpinnya.

Menurutnya, sebetulnya secara the facto komponen PSBB sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Buol. Misalnya, kebijakan meliburkan anak sekolah, bekerja di rumah bagi ASN, menerapkan physical distancing di tempat tempat umum, menutup perbatasan, memakai masker bila ke luar rumah. Selanjutnya, moda transportasi tidak boleh berboncengan untuk roda dua dan membatasi penumpang roda empat, membentuk gugus tugas sampai ke tingkat desa, serta memberlakukan jam malam.

“Namun semua itu masih sebatas imbauan. Insyaa Allah ketika PSBB diberlakukan maka semua itu wajib ditaati oleh setiap warga masyarakat termasuk aparat sampai tingkat desa,” kata dr. Rudi panggilan akrab Bupati Buol itu.

Bila ada yang melanggar nantinya, menurut dr Rudi, sudah akan dikenakan sanksi mulai dari ringan sampai berat sebagaimana diatur oleh Undang Undang.

Berkaitan dengan dampaknya, dr. Rudi menilai tidak terlalu berpengaruh karena warga masih bisa melaksanakan aktivitas termasuk petani dan nelayan.

Meskipun demikian, Pemda telah menyiapkan jaring pengaman sosial terhadap lebih dari 27 ribu kepala keluarga dengan total anggaran lebih Rp37 miliar. Dana tersebut bersumber dari APBN, APBD Provinsi APBD Kabupaten Buol, serta dana desa.

Namun pada prinsipnya lanjutnya, upaya Pemda di bidang kesehatan lebih leluasa untuk melakukan pemutusan rantai penularan. Seperti, wajib karantina atau mematuhi tracking bagi mereka yang diharuskan. Bagi yang menghalangi upaya tersebut diancam hukuman satu tahun dan bagi aparat akan dikenakan sanksi administrasi sampai pemecatan.

"Sosialisasi sudah dimulai, dan pengenakan sanksi bagi yang melanggar menunggu perbub inshaa Allah hari ini atau besok sudah disahkan gubernur," ujar dr Rudi.

sumber : kumparan (paluposo)

  Komentar untuk Pemda Buol Siapkan Rp 37 Miliar untuk Jaring Pengaman Sosial Jelang PSBB

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  2. Situs Untuk Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Surabaya  |  21 May 2020
  3. #yukpedulitetangga

    Eriyana Putri Nuramdani  di  Citamiang, Sukabumi Kota  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 2
    Komentar

    CORONA TIDAK MENJADI PENGHALANG RUTINITAS

    WAHYU NAN HANDA  di  Praya, Lombok Tengah  |  20 May 2020