Pembinaan Administrasi PKK Kelurahan Wirogunan Menuju Tertib Administrasi

18 November 2019, 05:23 WIB
1 1 132
Gambar untuk Pembinaan Administrasi PKK Kelurahan Wirogunan Menuju Tertib Administrasi
Tertib administrasi bagi suatu organisasi atau lembaga sangatlah penting, tidak hanya organisasi profit, amun juga organisasi non profit. Demikian juga bagi lembaga Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Tertib Administrasi merupakan kegiatan  tata usaha (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya) dengan tujuan untuk pengarsipan berkas agar tidak tumpang tindih sehingga data yang terekam benar - benar valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Penyelenggaraan tertib administrasi tersebut,  diwujudkan melalui fungsi-fungsi manajemen, yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

Mengingat pentingnya tertib administrasi dimaksud, PKK Kelurahan Wirogunan mengadakan pembinaan administrasi bagi Sekretaris, Bendahara dan Kelompok Kerja (Pokja) 1 hingga Pokja 4. Disamping itu, juga pembinaan administrasi bagi Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL). Pembinaan tersebut, juga sebagai persiapan atas Evaluasi Kegiatan Kesatuan Gerak (KKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Kesehatan tahun  2019 tingkat DIY, yang akan dilaksanakan hari Senin (18/11/2019).

Kegiatan pembinaan dilakukan oleh Pengurus TP PKK Kota Yogyakarta pada hari Kamis(14/11/2019) di Pendopo Wiroguno, Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Antusias pengurus TP PKK Kel. Wirogunan sangatlah tinggi, menuju tertib  administrasi. Tertib Administrasi tersebut perlu ditata secara konsisten dan berkelanjutan. 

Ketua Tim Penggerak PKK Jel. Wirogunan, drh. Suparti Sukarno disela-sela pembinaan administrasi menyatakan, harapannya pembenahan administrasi ini tidak terbatas ketika akan ada lomba saja, tapi ditata dan dikelola secara terus menerus dan berkelanjutan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas organisasi. Harapannya, pembenahan administrasi menuju tertib administrasi, akan meningkatkan kapasitas organisasi, sejalan dengan kebutuhan dan dinamika masyarakat yang semakin meningkat,” katanya.

Sementara Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami menuturkan, pembinaan administrasi ini perlu disambut baik oleh semua pihak, khususnya pengurus PKK. Ini sebagai bentuk kepedulian, tanggung jawab moral dan perhatian dari TP PKK Kota Yogyakarta. Pasca pembinaan administrasi ini, diharapkan terus ditindaklanjuti dan berkelanjutan menuju PKK yang tertib administrasi.

"Pengelolaan administrasi yang baik, dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan pengelolaan organisasi," tuturnya.

Diperlukan penataan kelembagaan dan penataan dokumen dan program-program PKK secara teratur dan tertib sesuai dengan pedoman yang berlaku, guna mendukung 10 program pokok PKK. (KangRozaq)

#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#PKKWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  1 Komentar untuk Pembinaan Administrasi PKK Kelurahan Wirogunan Menuju Tertib Administrasi

Tulis komentarmu...

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  2. CleanUp Kerja Bakti

    Pemuda Sosial Pulo Timaha  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  19 Sep 2020
  3. Berkolaborasi Menggapai Mimpi Kampung Karangwaru Kidul, Tegalrejo

    Abdul Razaq  di  Tegalrejo, Yogyakarta  |  18 Sep 2020
  4. Penyusunan Masterplan Kampung Surokarsan

    mas agus  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  19 Sep 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    WORLDCLEANUPDAY, 19 SEPTEMBER 2020

    Umi sulvian  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  19 Sep 2020
  2. 4
    Komentar

    Penyusunan Masterplan Kampung Surokarsan

    mas agus  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  19 Sep 2020
  3. 3
    Komentar

    Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  4. 2
    Komentar