Pembentukan Forum Disabilitas Desa Pengkok Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul

40987 medium post 48175 84a81454 1155 4506 a737 fe147f476b3a 2018 11 28t06 21 07.245 07 00
Desa Pengkok, pada hari selasa tanggal 27 November 2018 membentuk Forum Disabilitas di tingkat desa. Peserta yang hadir terdiri dari kaum penyandang disabilitas, perwakilan PKK desa, serta orang tua dan saudara penyandang disabilitas. Pembentukan forum ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi kaum disabilitas dalam pembangunan, baik dari perencanaan sampai evaluasi di desa Pengkok, demikian keterangan bapak Nashrul Ikhwan sebagai kepala bagian pelayanan umum desa pengkok yang di hadiri pula bapak Ruswanto sebagai kepala seksi kesejahteraan sosial kecamatan Patuk. Dalam pembentukan forum ini sekaligus juga pembentukan kepengurusan Forum disabilitas dengan Gunadi sebagai ketua, Erica Layla Usman sebagai sekretaris, dan Elsa dewi saputri sebagai Bendahara.
Sekretaris desa Pengkok, Dian Hariyanti menyampaikan, "desa Pengkok termasuk desa imbas dari desa Beji yang menjadi piloting sebagai desa ramah disabilitas yang berbatasan secara langsung dengan desa Pengkok. diantara beberapa desa yang ada di kabupaten Gunungkidul. Desa imbas merupakan desa yang ramah dan menyertakan kaum disabilitas dalam proses pembangunan desa di mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai evaluasi. kedepannya forum ini akan lebih dilibatkan dalam kegiatan di desa seperti musrenbangdes. Di dalam RKP tahun 2019 sudah di anggarkan pula pembangunan ramah disabilitas di balai desa Pengkok, seperti jalan khusus untuk pengguna kursi roda serta toilet khusus disabilitas. Dalam hal pemberdayaan ekonomi juga telah di masukkan program untuk pemberdayaan khusus disabilitas."
Selamat dan sukses atas terbentuknya forum ini, semoga kedepannya mampu berdaya dan berperan aktif dalam pembangunan di desa Pengkok.
Sudah dilihat 80 kali

Komentar