Pemandian Air Panas Diwak Karangjati-Kabupaten Semarang

20328 medium images %281%29
Bergas-Kabupaten Semarang Perjalanan kali memasuki daerah Karangjati, dari pintu tol Ungaran menuju arah Babadan maju sekitar 15 menit. Tepat di depan Pabrik Teh Sosro ada papan nama Pemandian Air Panas Diwak.
Objek Wisata ini sebenarnya sudah cukup lama dikenal masyarakat sekitar meskipun bila dikatakan bagus dan nyaman untuk saat ini masih jauh dari harapan. Bila dilakukan penataan, penelitian dan pengelolaan pihak swasta atau bahkan instansi pemerintah, tidak akan kalah bila dibandingkan dengan tempat pemandian air panas lain yang ada di Jawa Tengah khususnya.
Masuk sekitar 15menit perjalanan dengan melewati suasana perkampungan dan industri, akses jalan kearah Objek Wisata Air Panas ini cukup bagus, bahkan kita yang baru pertama kali datang ke lokasi inipun akan dengan sangat mudah dapat menemukannya. Hampir disetiap belokan akan kita jumpai papan nama penunjuk kearah lokasi pemandian.
Sampai di lokasi Pemandian Air Panas Diwak, bagi Anda pengguna roda empat, area parkir disediakan. Dapat manampung lebih dari 20mobil dengan dikelilingi warung-warung makanan menyajikan jajanan khas. Dari tempat parkir menuju lokasi tidak jauh, dengan berjalan kaki menuruni jalan yang sudah disemen rapi, meskipun cukup curam dan perlu berhati-hati untuk menuruni jalan. Bagi Anda pengguna motor bisa langsung memarkirkan disekitar pemandian dan sudah disediakan area parkir khusus kendaraan roda dua.

Memasuki loket kita akan disuguhi pemandangan area taman kecil yang rapi dengan beberapa tanaman bunganya. Tiketnya masuknya sangat murah, hanya dengan Rp 3000 per orang kita sudah bisa menikmati hangatnya air alami yang langsung dialirkan dari bawah kaki gunung Ungaran ini.
Ada 3 kolam pemandian disana, khusus untuk perempuan dan laki-laki, kadar airnya sendiri terasa panas dan hangat, cocok untuk pengunjung yang ingin meregangkan otot badan dari lelah aktivitas sehari-hari. Kolam pertama dijadikan sebagai kolam penampungan air yang langsung bersumber dari mata air panas gunung Ungaran, kemudian disalurkan ke kolam kedua dan ketiga. Untuk kolam yang terakhir ini memilki kadar panas berbeda dibanding yang pertama. Tidak lupa pengelola juga menyediakan sarana mandi air bersih untuk bilasan.
Menurut Indra, penjaga loket Pemandian Air Panas Diwak, pengelolaan pemandian air panas ini langsung dikelola oleh warga Dusun Diwak sendiri.
Sudah dilihat 433 kali

Komentar