Pelebaran Jalan di Gapura Bandungan Langkah Awal Mengurangi Angka Kecelakaan

22437 medium lubang galian bandungan maret 2018 22438 medium lubang galian 2 bandungan maret 2018
Dua buah lubang terlihat menganga lebar dan dalam di simpang tiga Bandungan, tepatnya di gapura selamat datang Bandungan pada Rabu (7/3/2018) siang. Lubang tersebut merupakan galian untuk proyek pelebaran jalan Nasional yang berada di Kabupaten Semarang.

Dijelaskan oleh Sigit selaku konsultan pengawas PT Herda Carter Indonesia, proyek pelebaran jalan senilai Rp 5,9 milyar ini berlangsung sejak tanggal 22 Februari 2018 dan akan berlangsung selama 150 hari kerja. Selain penambahan lebar jalan mulai 0-3,5 meter pada tikungan simpang Bandungan, ada pula pelebaran jalan di dua titik yakni di Simpang Oto dan titik km 24.800 Ungaran.

Pelebaran jalan di Simpang Oto sebesar 2 meter dengan panjang 50 meter dan 75 meter. Sementara pada titik km 24.800 Ungaran, perbaikan jalan terjadi pada simpang U turn yakni berupa pemindahan jalur utama. Jalur utama dipindah dengan lebar bervariasi namun berada pada standar lebar 3,5 meter mulai km 24.950 hingga 25.075.

Sigit menambahkan, pelebaran jalan tersebut merupakan proyek pembangunan jalan nasional yang berada di titik ramai lalu lintas dan rawan kecelakaan. "Pelebaran jalan di gapura Bandungan merupakan langkah mengurangi angka rawan kecelakaan di titik ini karena jalanan yang menurun dari selatan namun di sini merupakan simpang pertemuan arus lalu lintas dari dan ke Bandungan," terangnya.

Perihal adanya titik rawan kecelakaan di gapura Bandungan, Supeno selaku Kanit Laka Lantas Satlantas Polres Semarang menjelaskan bahwa sebelum 2015 pada titik tersebut merupakan daerah yang rawan kecelakaan. Hal tersebut karena kendaraan dari arah utara dan hendak memasuki gapura Bandungan dapat langsung berbelok dan belum terdapat median jalan beton. Namun sejak adanya pembatas jalan, angka kecelakaan dapat dikurangi.

Sumber : TribunJateng.com
Sudah dilihat 135 kali

Komentar