Pelatihan Jurnalistik bagian dari Keroyokan Publikasi Wirogunan

15 February 2020, 18:03 WIB
2 0 139
Gambar untuk Pelatihan Jurnalistik bagian dari Keroyokan Publikasi Wirogunan
Keroyokan sebagai kata yang dipilih untuk gerakan menyerang beramai-ramai (orang banyak) yang berdampak positif bagi masyarakat. Keroyokan publikasi Wirogunan,  dimaksudkan untuk menyampaikan informasi  kegiatan dan potensi wilayah dan masyarakat di lingkungan Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Pelatihan jurnalistik sebagai upaya memberikan pengetahuan dan ketrampilan menulis berita bagi masyarakat, khususnya perwakilan di setiap kampung. Pelatihan ini, bertujuan, mempersiapkan masyarakat dalam menuliskan berita wilayah untuk dipublikasikan secara online.

Pelatihan jurnalistik diselenggarakan Jum'at dan Sabtu (14-15/2/2020) bertempat di Pendopo Wirogunan. Diikuti sebanyak 30 peserta yang terdiri dari pemuda, karang taruna, utusan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Wirogunan Plus, utusan kampung se-Kel. Wirogunan dan ketua kelembagaan tingkat Kelurahan.

Hadir dalam pembukaan pelatihan, Camat Mergangsan, Rini Rahmawati, Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami, Ketua LPMK, Abdul Razaq.

Pelatihan terselenggaran atas kerjasama Kelurahan Wirogunan dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), dengan media online atmaGo. Narasumber dalam pelatihan tersebut, Ketua LPMK Wirogunan, Abdul Razaq dan Tim AtmaGo

Lurah Wirogunan, dalam sambutannya menjelaskan, pelatihan jurnalistik merupakan kegiatan usulan masyarakat dalam Musrenbang Kelurahan tahun 2019. Pelatihan ini, sebagai salah satu cara, agar setiap kegiatan di wilayah dan potensi yang ada dapat ditulis kemudian dipublikasikan di AtmaGo, yang kemudian oleh Tim Media Kelurahan akan diupload di media yang ada di Kelurahan. Media publikasi kelurahan berupa website dengan alamat www.wirogunankel.jogjakota.go.id, facebook, dan instagram serta youtube.

“Apabila dari tujuh kampung menyampaikan kegiatannya bahkan potensi yang ada, maka akan menjadi masukan bagi pengambil keputusan, baik tingkat kelurahan hingga pemerintah kota untuk intervensi kepada wilayah”, ujarnya.

Sedangkan Camat Mergangsan, Rini Rahmawati dalam arahannya menyatakan, Kelurahan Wirogunan dengan potensi yang ada, tidak hanya potensi di masing-masing kampung, namun Sumber Daya Manusia (SDM) dalam penulisan cukup banyak dan potensial. “Saya bangga dan berterima kasih kepada LPMK yang telah berbuat dan sebagai penggerak menyiapkan SDM handal untuk mempublikasikan wilayah”, harapnya.

Di akhir arahannya, Rini Rahmawati sangat berharap kepada masyarakat Wirogunan, khususnya kepada peserta pelatihan untuk membantu pengurus RT, RW dan kampung dalam mempublikasikan kegiatan dan potensi yang ada.

Ketua LPMK yang juga sebagai narasumber, Abdul Razaq menjelaskan latar belakang dan tujuan diselenggarakannya pelatihan jurnalistik. Disamping itu, harapan kepada peserta pelatihan untuk bersama-sama mempublikasikan kegiatan wilayah dan potensi di setiap kampung untuk ditulis di media AtmaGo. Tim media tingkat kelurahan, akan memilih berita yang ada di AtmaGo tersebut, untuk direview dan di-edit seperlunya, yang selanjutnya akan dipublikasikan di media sosial kelurahan dan website kelurahan.

“Konsep keroyokan dalam publikasi di kelurahan, merupakan konsep yang dirancang oleh LPMK dan Tim Pemberdayaan, untuk memaksimalkan publikasi atas kegiatan dan potensi wilayah di Kel. Wirogunan”, katanya.

Ia menambahkan, bersama kita bisa dan gotong royong modal utama, sebagai motivasi kita bersama untuk terus melakukan keroyokan dalam publikasi di Kel. Wirogunan. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar untuk Pelatihan Jurnalistik bagian dari Keroyokan Publikasi Wirogunan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Lawan Corona, Karang Taruna Desa Kedung Jaya melakukan kegiatan spraying Desinfektan

    Ariefbocahwates  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  25 Mar 2020
  2. KARANG TARUNA BUNI BAKTI MENGGANDENG FORUM REMAJA UNTUK PENCEGAHAN COVID-19

    Ariefbocahwates  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  28 Mar 2020
  3. RELAWAN APIK LAKUKAN PENGGALANGAN DANA DONASI COIN CORONA

    Abdul Hakim Sanii  di  Tarumajaya, Bekasi Kabupaten  |  27 Mar 2020
  4. Penyemprotan Disinfektan di Kel. Wirogunan sebagai Aksi #GASAKita

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  27 Mar 2020

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Merindukan Bale Bangket Buger (MB3)

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  27 Mar 2020
  2. 5
    Komentar

    PUSKESDES (Pusat Kesehatan Desa)

    Emy sibat mojopanggung  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  26 Mar 2020
  3. 4
    Komentar

    BERBAGI ITU INDAH SELALU ADA HIKMAH DI BALIK MUSIBAH

    Moezza  di  Sukawangi, Bekasi Kabupaten  |  31 Mar 2020
  4. 4
    Komentar

    Suara Siswa SMA, UN di tiadakan (?) #WargaLawanCorona

    Ranty Meyliana  di  Tolitoli  |  30 Mar 2020