Pelatihan Jurnalisme Warga Desa Tawangsari

31 July 2019, 09:16 WIB
3 0 74
Gambar untuk Pelatihan Jurnalisme Warga Desa Tawangsari
Pada hari Selasa, 30 Juli 2019 telah diadakan Pelatihan Jurnalistik untuk warga. Bertempat di Balai Desa Tawangsari Kecamatan Kaligesing. Di ikuti oleh 15 peserta yang kebanyakan aktivis perempuan. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan oleh atmaGo kerjasama dengan KKN UGM. Menurut Ainun Murwani selaku perwakilan atmaGo Jogjakarta, tujuan pelatihan ini untuk melatih masyarakat agar bisa menulis di media on line seperti di atmaGo. Sasaran dari pelatihan jurnalistik ini untuk umum.

Sebelum acara dimulai para peserta diminta menyampaikan kegiatan sehari-hari atau kegiatan apa saja yang pernah di ikutinya. Motivasi terbanyak kenapa mengikuti pelatihan ini adalah agar bisa menulis dengan baik dan benar.

Pada pertemuan pertama ini Ainun Murwani menjelaskan perbedaaan antara berita “jurnalis” dan berita “gosip” beliau juga menekankan pakem jurnalistik 5W + 1H. “itu merupakan keharusan didalam berita jurnalis”, ujarnya.

Untuk bisa menggunakan atmaGo maka para peserta harus mendownloads aplikasinya terlebih dahulu melalui play store.
Seluruh peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti seluruh materi yang disampaikan oleh tutor, dan bertambah seru manakala sesi tanya jawab dimulai, seluruh peserta sepertinya sudah menyiapkan pertanyaan, terbukti sampai waktu telah berakhir pun masih banyak yang ingin bertanya.

Diakhir materi Budiharjo selaku tutor atmaGo Kebonharjo memberikan tugas menulis cepat. Dalam menulis cepat ini waktu yang diberikan adalah 2 menit, temanya adalah kegiatan pelatihan hari ini. Seluruh peserta diminta membuat berita singkat minimal 3 paragraph. Dari seluruh peserta sudah ada yang bisa memposting berita kegiatan hari itu, meskipun belum sempurna namun baru terasa manfaatnya pada saat nanti.

#desatawangsari

  Komentar untuk Pelatihan Jurnalisme Warga Desa Tawangsari

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!