Panitia Kurban Diimbau Tak Gunakan Kantong Plastik Hitam

67854 medium panitia kurban diimbau tak gunakan kantong plastik sekali pakai
Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta mengimbau seluruh panitia kurban Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah di Jakarta tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai untuk membagi-bagikan daging kurban. Apalagi, sampai menggunakan kantong plastik kresek hitam.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Andono Warih mengatakan, panitia kurban sebaiknya menggunakan wadah yang ramah lingkungan seperti, daun pisang, daun talas, besek bambu, besek daun kelapa, dan besek daun pandan.

Andono menjelaskan, khusus untuk kantong plastik kresek hitam merupakan hasil dari proses daur ulang plastik bekas pakai yang mengandung zat karsinogen dan berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, dalam prosesnya juga ditambahkan berbagai bahan kimia yang menambah dampak bahayanya bagi kesehatan.

Ia menambahkan, imbauan tidak memakai kantong plastik kresek hitam untuk mewadahi makanan sudah digaungkan pemerintah sejak lama. Pada tahun 2009, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merilis peringatan publik tentang bahaya kantong plastik kresek hitam.

Sumber: Dinas LH DKI Jakarta
Sudah dilihat 34 kali

Komentar