Pameran Pendidikan Komunitas Gunungkidul Menginspirasi

Header illustration
[EDU EXPO 3.0]

Minggu (21/4) Komunitas Gunungkidul Menginspirasi kembali menyelenggarakan agenda tahunan Edu Expo yang ke 3 bertempat di Aula DPRD Gunungkidul. Berangkat dari tingginya angka putus sekolah dimana jumlah mahasiswa di Gunungkidul hanya 22.134 orang dari jumlah murid SMA/SMK 116.606 orang di tahun 2017. Implikasi yang lebih luas tentu menyebabkan Indek Pembangunan Manusia di Gunungkidul menjadi yang terbawah se DI.Yogyakarta. Salah satu penyembabnya ada adalah minimnya infomasi dan pemerataan akses pendidikan.

Edu Expo kembali hadir mengusung tema "Ira Sastra Marga Jagadditha" yang berarti ilmu pengetahuan (pendidikan) untuk kemuliaan dunia (kemanusiaan). Sebagai sebuah komitmen dan keberpihakan pendidikan bagi nilai-nilai dan solidaritas kemanusiaan - humanizing education.

Berisi tiga rangkaian acara utama (1) TalkShow Beasiswa membahas mengenai kiat sukses mendapat beasiswa, (2) Stand Kampus & Komunitas yang dihadiri oleh 13 PTN/PTS di DIY-Jateng da 4 komunitas pendidikan-kepemudaan dari Gunungkidul (3) Jagongan Muda bertajuk "Aktivisme Pemuda dan Gerakan Pendidikan" dengan narasumber perwakilan Komunitas Gunungkidul Menginspirasi, Tepus Story, BOSSKID dan TBM Kuncup Mekar. Peserta juga disediakan spot foto selfie yang semakin memeriahkan suasana.

"Acara ini merupakan acara yang ke kali 3 diselenggarakan oleh Komunitas Gunungkidul Menginspurasi, dari tahun ke tahun mengalami perningkatan dari antusiasme peserta" imbuh Joko Susilo (Founder Komunitas Gunungkidul Menginspurasi)

Acara ini dibuka langsung oleh Dikpora Kabupaten Gunungkidul dan dihadiri ratusan peserta dari seluruh wilayah Gunungkidul.

Dengan adanya Edu Expo semoga generasi muda Gunungkidul semakin berkualitas untuk mengisi pembangunan peradaban dimasa depan.

ig @gunungkidulmenginspirasi
Sudah dilihat 31 kali

Komentar