Pameran dan Diskusi Jejak Ulama Uzbekistan di Nusantara

48851 medium bait
07 Feb
PAMERAN JEJAK ULAMA UZBEKISTAN DI NUSANTARA 📚 Dunia Islam saat ini berhutang jasa kepada para Ulama yang lahir di tanah Uzbekistan. Lebih dari *50 ulama besar* dalam berbagai bidang keilmuan lahir di kota-kota pusat peradaban Islam masa lalu, seperti Bukhara, Samarkhan, Tashkent, Tirmiz, Khiva, dan beberapa kota lainnya. 📕Dalam _bidang hadis_ seperti *Imam Bukhari, Imam Tirmidzi, Imam ad-Darimi, Imam Al-Hakim*. Bidang _Tafsir Al-Qur'an_ seperti, *az-Zamakhsyari, an-Nasafi*, dll. Dalam bidang _Ilmu pengetahuan_ seperti *Ibnu Sina, Al-Khawarizmi, al-Kalabadzi*. Termasuk dalam bidang tasawuf, banyak tarekat-tarekat yang lahir dari kota-kota ini, dan yang paling terkenal adalah *Tarekat An-Naqsyabandiyah*. 📝Di Nusantara, jejak para ulama dari Uzbekistan terlihat sejak masa paling awal *Islamisasi Nusantara*, sekitar abad 14 M. Di Jawa dikenal tokoh penyebar Islam pada abad ke-14 yang diduga berasal dari tanah Samarkhan, *Syekh Asmorokondi* (As-Samarqondi) yang dimakamkan di *Tuban*. Beberapa berita menyebutkan bahwa beliau adalah sesepuhnya para Wali di Tanah Jawa, ayah dari Sunan Ampel. Selain itu, waqila *Syekh Jumadil Kubro*, yang disebutkan sebagai ayahnya *Maulana Malik Ibrahim* dan *Maulana Ishak*, berasal dari tanah Uzbekistan. ♻Sayangnya hingga saat ini, tidak banyak ditemukan sumber berita tentang kedua tokoh tersebut kecuali dari *bukti arkeologis* berupa *nisan maqam beliau* yang saat ini sangat ramai diziarahi. Perlu kajian secara komprehensif untuk menguak bagaimana kiprah dan segala aktifitasnya dalam *Misi Islamisasi* di tanah Jawa di masa paling awal, kisaran *abad ke 15*. 🔊 *Seminar* dalam rangka peringatan *1 tahun bebas Visa WNI ke Uzbekistan* kali ini merupakan kajian awal yang mencoba _*Menelusuri Jejak-Jejak Ulama Uzbekistan di Nusantara*_ akan diselenggarakan pada : ✅ *Kamis, 7 Februari 2019* ✅ *Pukul 10.00 – selesai* ✅ Narasumber: *Dr. Muchlis M. Hanafi* dan *Rijal Mumazziq Z* ✅ bertempat di *Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal, TMII. https://maps.app.goo.gl/gtiUG Informasi : Sdr. Athoillah 0812-2510-2089 📲 _*Mohon bantuan utk share ini*_, semoga menjadi kebaikan yang bermanfaat... _*Amin*_ Terimakasih...🙏
07 Feb 12:00 AM to 07 Feb 12:00 AM

Detail Acara

PAMERAN JEJAK ULAMA UZBEKISTAN DI NUSANTARA

📚 Dunia Islam saat ini berhutang jasa kepada para Ulama yang lahir di tanah Uzbekistan. Lebih dari *50 ulama besar* dalam berbagai bidang keilmuan lahir di kota-kota pusat peradaban Islam masa lalu, seperti Bukhara, Samarkhan, Tashkent, Tirmiz, Khiva, dan beberapa kota lainnya.

📕Dalam _bidang hadis_ seperti *Imam Bukhari, Imam Tirmidzi, Imam ad-Darimi, Imam Al-Hakim*. Bidang _Tafsir Al-Qur'an_ seperti, *az-Zamakhsyari, an-Nasafi*, dll. Dalam bidang _Ilmu pengetahuan_ seperti *Ibnu Sina, Al-Khawarizmi, al-Kalabadzi*. Termasuk dalam bidang tasawuf, banyak tarekat-tarekat yang lahir dari kota-kota ini, dan yang paling terkenal adalah *Tarekat An-Naqsyabandiyah*.

📝Di Nusantara, jejak para ulama dari Uzbekistan terlihat sejak masa paling awal *Islamisasi Nusantara*, sekitar abad 14 M. Di Jawa dikenal tokoh penyebar Islam pada abad ke-14 yang diduga berasal dari tanah Samarkhan, *Syekh Asmorokondi* (As-Samarqondi) yang dimakamkan di *Tuban*. Beberapa berita menyebutkan bahwa beliau adalah sesepuhnya para Wali di Tanah Jawa, ayah dari Sunan Ampel. Selain itu, waqila *Syekh Jumadil Kubro*, yang disebutkan sebagai ayahnya *Maulana Malik Ibrahim* dan *Maulana Ishak*, berasal dari tanah Uzbekistan.

♻Sayangnya hingga saat ini, tidak banyak ditemukan sumber berita tentang kedua tokoh tersebut kecuali dari *bukti arkeologis* berupa *nisan maqam beliau* yang saat ini sangat ramai diziarahi. Perlu kajian secara komprehensif untuk menguak bagaimana kiprah dan segala aktifitasnya dalam *Misi Islamisasi* di tanah Jawa di masa paling awal, kisaran *abad ke 15*.

🔊 *Seminar* dalam rangka peringatan *1 tahun bebas Visa WNI ke Uzbekistan* kali ini merupakan kajian awal yang mencoba _*Menelusuri Jejak-Jejak Ulama Uzbekistan di Nusantara*_ akan diselenggarakan pada :
✅ *Kamis, 7 Februari 2019*
✅ *Pukul 10.00 – selesai*
✅ Narasumber: *Dr. Muchlis M. Hanafi* dan *Rijal Mumazziq Z*
✅ bertempat di
*Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal, TMII.
https://maps.app.goo.gl/gtiUG

Informasi : Sdr. Athoillah 0812-2510-2089

📲 _*Mohon bantuan utk share ini*_, semoga menjadi kebaikan yang bermanfaat... _*Amin*_
Terimakasih...🙏
Sudah dilihat 86 kali

Komentar