Pameran Besar Seni Rupa Akan Meriahkan Kota Batu

33123 medium img 20180915 194022
Kota Batu - Pameran Besar Seni Rupa (BPSR) kembali dihadirkan Direktorat Kesenian, Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pameran akan digelar malam ini pukul 18.30 WIB di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Sabtu (19/9).

Pameran besar ini menyuguhkan karya luar biasa dari 101 perupa dari seluruh wilayah Jawa. Mengangkat tema ‘Panji Sebagai Penguat Karakter Bangsa’ Dirjen Budaya Kemendikbud ingin mendukung wacana Indonesiana yang merupakan program Kemendikbud.

“Tema Panji dipilih karena nilai-nilai dalam cerita Panji sangat luar biasa. Ini adalah bentuk respon seniman. Orang Jatim harus tahu Panji dan kita dorong masyarakat mengenal Panji,” kata kurator pameran, Dr Djulu Djatiprambudi.

Dia juga memaparkan, pada pameran tahun ini pesertanya adalah teman-teman seniman dari Jawa. Sebanyak 76 orang seniman diundang oleh Dirjen dan 24 melalui jalur open call (melamar).

“Tugas kami yaitu memberikan akses untuk seniman untuk terlibat dalam program ini,” tambah dia.

Kota Batu dipilih karena Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI menilai Kota Batu sudah menyelesaikan pokok pikiran kebudayaan.

“Artinya pemkot Batu ini peduli dengan perkembangan budaya dan kesenian daerah mulai dari komunitas dan para penggiat seni. Kalau kotanya tidak peduli dengan budaya ya tidak akan kami ajak kerjasama. Kota Batu kami apresiasi karena sudah memberikan ruang untuk para seniman,” pungkas dia.

Bukan hanya pameran, PBSR juga mengajak para perupa untuk kunjungan dan sharing ke studio para perupa Kota Batu, dialog budaya, wisata dan berkarya bersama, workshop tradisi topeng Panji, dan workshop Recycle Art. Semakin meriah lagi karena pemkot Batu juga mendukung dengan mengadakan Pameran Keris, Gelar Produk Kreatif UMKM, Stand Seni Rupa, dan Panggung Pertunjukan Seni tiap Sabtu Minggu selama pameran berlangsung, dan program apresiasi seni.

“Kami harap pameran ini memberikan dampak positif baik itu secara sosial dan ekonomi bagi masyarakat. Ayo hadir saat pembukaan nanti karena akan dimeriahkan banyak stan dan juga pertunjukan seni,” ajak dia.(swan)

Sudah dilihat 70 kali

Komentar