Palu bebas sampah berbasis keluarga

59856 medium post 65661 7d2ae8ea 264d 4f2d b6d0 ee52a9fddfea 2019 04 29t07 49 30.300 08 00
Pemerintah Kota Palu mengharapkan kaum perempuan terlibat aktif melalui Gerakan Gali Gasa (3G) untuk mempelopori hidup bersih yang dimulai dari rumah sebagai keluarga terkecil, kata
Pelaksana Harian (PLH) Sekretaris Kota Palu Imran Lataha.
"Sampah masih menjadi persoalan pelik yang sulit untuk diselesaikan oleh pemerintah daerah di Indonesia, tidak terkecuali oleh Pemerintah Kota Palu. Terlebih pasca bencana 28 September 2018 banyak sampah yang berasal dari puing-puing bangunan , baik yang rusak maupun yang rata dengan tanah akibat guncangan gempa, gulungan tsunami dan likuifaksi dibuang di sembarang tempat," katanya saat memberikan sambutan dalam pengajian dan zikir akbar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan yang diadakan mombine 3G di Masjid Raya Baiturrahim Lolu, Palu, Sabtu.
Ia mengatakan sangat dibutuhkan keterlibatan dan peran aktif mombine (perempuan) 3G (Gerakan Gali Gasa) sebagai penginisiasi hidup bersih. Setelah di lingkungan keluarga, ia mengajak kaum perempuan untuk aktif mensosialisasikan dan mengimplementasikan budaya hidup bersih, indah, tertib, aman dan nyaman di lingkungan masyarakat.
"Sebagai bentuk implementasi dari nilai kekeluargaan, toleransi dan gotong royong maka sangat diharapkan peran mombine 3G menggerakkan potensi sumber daya manusia di lingkungan masyarakat,"ujarnya.
Dikatakannya agar seluruh elemen masyarakat turut serta berpartisipasi, menjaga dan memelihara kebersihan, keindahan, ketertiban, keamanan dan kenyamanan sehingga tercipta lingkungan di Kota Palu yang nyaman.
Selain itu Imran menjelaskan untuk mengembangkan potensi daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan salah satu misi Pemkot Palu 2016-2021 tidak cukup dengan meningkatkan mutu pendidikannya.
"Yang tidak kalah penting kesehatan masyarakatnya harus ditingkatkan. Oleh karena itu Pemkot Palu terus berupaya mensinergikan segala potensi yang ada dan melibatkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk membina kelompok perempuan 3G," katanya
sumber: Antara Sulteng
Sudah dilihat 23 kali

Komentar