Pakai Gas Bumi Bisa Hemat 100.000 per Bulan

27 February 2019, 20:51 WIB
0 0 74
Gambar untuk Pakai Gas Bumi Bisa Hemat 100.000 per Bulan
Oleh : Husnul Khatimah

CIBINONG, AYOBOGOR.COM—Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan jaringan gas bumi rumah tangga di Kabupaten Bogor. Setidaknya sebanyak 5.120 rumah di dua Kecamatan, Cibinong dan Bojong Gede, kini tersambung gas bumi.

Jonan mengatakan, dengan tersambungnya gas bumi tersebut, masyarakat yang biasanya menggunakan tabung gas LPG dan kemudian beralih ke gas bumi bisa menghemat pengeluaran untuk kebutuhan gas hingga Rp100.000 setiap bulannya.

"Kalau menggunakan tabung LPG nonsubsidi bedanya bisa Rp100.000 sebulan. Jadi ini bisa menghemat," ujar Jonan di Cibinong, Rabu (27/2/2019).

Sementara itu, bagi masyarakat yang biasa menggunakan LPG subsidi 3 kilogram, menurut Jonan, bisa berhemat sebesar Rp20.000-Rp30.000 setiap bulannya tanpa harus melihat jumlah pemakaian.

"Oleh sebab itu, kita berusaha semaksimal mungkin terus membangun jaringan gas ke masyarakat supaya tidak perlu lagi beli tabung LPG karena lebih murah," kata Jonan.

Selain lebih murah, gas Bumi, kata Jonan, juga praktis dan bisa dipakai terus-menerus tanpa harus menyediakan cadangan atau beli yang baru seperti gas tabung LPG.

"Kalau membeli tabung LPG 3 kg atau 5,5 kg itu kadang kalau malam hari gasnya habis tokonya tutup warga tidak bisa masak. Nah, kalau ini jaringan gas bisa dipakai terus-menerus," katanya.

Di samping itu, sambung Jonan. penggunaan jaringan gas bumi juga akan bisa mengurangi impor gas LPG negara yang nilainya cukup besar yakni mencapai Rp50 triliun.

“LPG sekitar 4 atau 4,2 juta ton setiap tahun diimpor, itu besar sekali nilainya bisa mencapai hampir 50 triliun, ini sayang uangnya. Kita harus menghemat devisa dengan menggunakan produksi gas dalam negeri ini," katanya.

  Komentar untuk Pakai Gas Bumi Bisa Hemat 100.000 per Bulan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!