Padurenan Rebut Juara I Festival Bedug dan Dongdang Mustikajaya

15 July 2019, 2:55
5 0 68
Gambar untuk Padurenan Rebut Juara I Festival Bedug dan Dongdang Mustikajaya
Pesta rakyat berupa Festival Bedug dan Dongdang kembali dirayakan masyarakat Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Minggu (14/7). Hajat tahunan yang diselenggarakan di Stadion Mini Natrom Nur Samsu, Kecamatan Mustikajaya, ini dibuka langsung Walli Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Nampak beberapa pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yang terlihat hadir dalam kegiatan ini, diantaranya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi Teddy Hafni, Kepala Kesbangpol Kota Bekasi Cecep Suherlan, dan Camat Mustikajaya Gutus Hermawan. Tak ketinggalan Kepala Disperkimtan Kota Bekasi Jumhana Luthfi yang juga sebagai pencentus awal kegiatan Festival Bedug dan Dongdang saat dirinya masih menjabat Camat Mustikajaya.

Dalam kegiatan ini, setiap kelurahan mengirimkan kontingennya dengan melibatkan segala unsur, baik aparatur kelurahan, pengurus RT dan RW, serta kalangan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat. Selanjutnya, dewan juri akan menilai masing-masing kontingen dalam dua kategori penilaian, yakni keindahan dalam menabuh bedug dan aneka makanan yang ada di dalam dongdang yang mereka bawa.

Untuk diketahui, dongdang merupakan tradisi budaya Betawi yang biasa digunakan dalam prosesi pernikahan. Dongdang biasanya diisi dengan beraneka ragam jenis masakan atau makanan yang menjadi seserahan calon mempelai pengantin.

Sementara itu, setelah melalui proses penilaian, kontingen dari Kelurahan Padurenan akhirnya diumumkan sebagai Juara I, disusul kontingen dari Kelurahan Cimuning yang beehasil meraih gelar Juara II. Sedangkan kontingen dari Kelurahan Mustikajaya dan Mustikasari meraih gelar Juara III Bersama. [ruangindonesia]

  Komentar untuk Padurenan Rebut Juara I Festival Bedug dan Dongdang Mustikajaya

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!