Pabrik Londry jadi bagian belasan pabrik penyalur limbah di Kali Cilengsi-Bekasi

31901 medium unnamed
Menelusuri buih yang teradi pagi ini senin (3/9) di kali Bekasi, tidak sedikit warga berpendapat jika buih tersebut lantaran banyaknya limbah-limbah pabrik yang dibuang begitu saja langsung ke kali Cilengsi.
"limbahnya banyak ini, gak sedikit" lugas amir yang melintas di jalan Kali Bekasi. Selain Warga, sebelumnya Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) Puarman mengungkapkan, dirinya bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor sempat melakukan susur sungai, dan menemukan hal yang lebih mengagetkan.
“Ada perusahaan loundry di Desa Cicadas, Kecamatan Gunungputri, langsung membuang limbahnya ke sungai tanpa pengolahan. Air yang tadinya bening langsung hitam kental disana,” ungkapnya.
Ada pula aliran limbah dari salah satu produsen makanan di Desa Kembangkuning, Kecamatan Klapanunggal, yang mengeluarkan bau sangat busuk, dan itu langsung dibuang ke Sungai Cileungsi.
“Teman kami yang ikut penelusuran sampai muntah-muntah, dan tidak sanggup melanjutkan penelusuran di Sungai Cileungsi,” ungkapnya
Menurutnya, ada juga limbah perusahaan yang berwarna putih susu saat dibuang ke Sungai Cileungsi, dan perusahaan tersebut masih berada di Desa Kembangkuning, Kecamatan Klapanunggal. Puarman memperkirakan ada 10 perusahaan yang membuang limbahnya ke Sungai Cileungsi, baik yang langsung dibuang ke Sungai Cileungsi, maupun melalui anak sungai.
“Saya yakin, minimal ada 10 sampai 12 perusahaan yang berkontribusi dalam mencemari Sungai Cileungsi ini,” ujarnya.
Dirinya berharap, ada penindakan hukum dari instansi terkait terhadap industri yang terbukti melakukan pencemaran ini, sehingga Sungai Cileungsi ini dapat segera terselamatkan.
Kemarin, hari minggu (2/9) masyarakat yang tergabung dalam beberapa komunitas pecinta alam juga ikut turun, dan menyusuri Sungai Cileungsi ini.
Salah seorang penggiat alam bebas Gunungputri, Panji Saputra mengatakan, kegiatan susur sungai ini bertujuan agar masyarakat semakin mengetahui betapa kritisnya kondisi Sungai Cileungsi ini, dan bisa bersama-sama memulihkan, serta menjaga sungai ini.
“Kami ingin mereka-mereka yang mempunyai kewenangan segera mengatasi masalah di Sungai Cileungsi ini,” katanya kepada Publik Bogor, (2/9).

Selengkapnya:
http://publikbogor.com/2018/09/pabrik-loundry-dan-makanan-salah-satu-penyebab-sungai-cileungsi-menghitam-dan-bau/
Sudah dilihat 335 kali

Komentar