Outing Class Smk Alam Karya Ke Kebun Raya Bogor Jawa Barat

Img 20180210 wa0013
Outing Class yang diadakan pada hari Sabtu 10/02/2018) ke Kebun Raya Bogor Jawa Barat berlangsung dengan baik dan penuh antusias dari siswa-siswi. Outing Class adalah salah satu program pembelajaran yg bertujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreativitas siswa/i. Selain itu outing class merupakan metode belajar yg menyenangkan, mengajarkan kepada siswa/i untuk lebih dekat dengan alam. Kegiatan ini melibatkan seluruh kelas X dan XI (sepuluh dan sebelas) diantaranya X TSM, X AP, XI TSM, dan XI AP. Kegiatan yang berlangsung secara tertib ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan diawali kedatangan siswa-siswi SMK ALAM KARYA ke Kebun Raya Bogor pukul 10.00 WIB. Tidak hanya kegiatan mengamati dan refreshing yang dilakukan oleh siswa-siswi SMK ALAM KARYA saat kegiatan tersebut tapi mereka juga mengerjakan tugas yang diberikan kepada setiap siswa-siswi oleh guru bidang studi mata pelajaran yang bersangkutan.
Banyak nilai positif yang bisa diambil dari kegiatan-kegiatan semacam ini, diantaranya adalah menghindari kejenuhan. Selama ini mereka belajar dikelas, bertemu dengan orang yang sama, lingkungan yang sama dan mungkin menerima pelajaran yang hampir sama setiap hari akan mengakibatkan kejenuhan yang pada akhirnya akan membuat anak-anak malas pergi kesekolah.
"Outing class sangat bermanfaat untuk meningkatkan rasa sosial siswa, karena siswa diajak mengunjungi berbagai tempat yang berbeda sehingga akan memberi pengalaman kepada siswa untuk bersosialisasi dengan dunia luar terutama lingkungan luar sekolah" Ujar Ibu Maghfiroh, salah satu guru di SMK ALAM KARYA
Kegiatan Outing Class ini diakhiri dengan terselesaikannya tugas kelompok siswa-siswi dan kembali kerumah masing-masing.
Karna Setiap hari belajar di dalam ruang kelas selama bertahun-tahun sudah biasa, berikan sesuatu yang beda pada proses belajar dan pembelajaran patut dicoba. Tentunya dengan keterampilan sang guru dalam memanajemen para siswanya. Ini merupakan hal yang tak kalah penting agar tujuan pembelajaran tetap tercapai.

Komentar