Opini: Kenaikan iuran BPJS dan rasa keadilan, oleh Heandly Mangkali

16 November 2019, 22:34 WIB
1 0 46
Gambar untuk Opini: Kenaikan iuran BPJS dan rasa keadilan, oleh Heandly Mangkali
Opini : Kenaikan iuran BPJS dan rasa keadilan sosial bagi masyarakat

Oleh : Heandly Mangkali
(Ketua Komunitas Penulis Kreatif SULTENG)

Iuran BPJS naik semua kelas, peserta JKN KIS bisa bertambah.

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan, sebagai langkah pemerintah menutupi defisit anggaran BPJS dan berlaku 1 januari 2020 nanti. Kebijakan ini akan berdampak pada pengguna JKN KIS atau peserta penerima bantuan iuran (PBI), yang bersumber dari APBD dan APBN. Kebijakan kenaikan iuran BPJS menyangkut semua stakeholder, pemerintah harus mengatur juga sektor lain yang terkait.
Kenaikan iuran BPJS akan mengalami titik kritis pada sektor lain, seperti berikut :

1). Data peserta penerima bantuan iuran (PBI) pada dinas sosial, harus diatur menurut ketentuan dan dilakukan pembaruan. Karna kategori PBI adalah masyarakat miskin, masyarakat yang mendapatkan subsidi pemerintah. Jangan sampai masyarakat yang harusnya kategori Non PBI, masuk menjadi penerima kartu JKN KIS dan sebaliknya. Ini menyangkut rasa keadilan masyarakat.

2). Data JKN KIS atau peserta BPJS "gratis" bisa jadi akan berdampak adanya pungli, bila mekanisme kepengurusannya tidak terkontrol. Pada peserta BPJS kelas mandiri bukan penerimah upah, yang akan beralih ke JKN KIS, atau warga miskin yang baru masuk peserta JKN KIS.

3). Persoalan mendasar yang harus dibenahi adalah, data masyarakat kategori miskin. Dimana masyarakat yang betul betul miskin yang menerima, dan yang "mengaku" miskin dengan tujuan mendapat JKN KIS dibersihkan. Karna persoalan mendasar adalah adanya subsidi "gratis" dari pemerintah. Sampai hari ini juga, dibeberapa daerah mengalami masalah soal data penerima raskin.
Jika data kategori masyarakat miskin tidak dibenahi, terkontrol, terukur secara sistem dan saling berintegrasi, maka kenaikan iuran BPJS dapat menyelesaikan masalah, atau memunculkan masalah baru.

  Komentar untuk Opini: Kenaikan iuran BPJS dan rasa keadilan, oleh Heandly Mangkali

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!