Oktober Masuk Puncak Musim Hujan, Waspadai Tiga Bencana Ini di Kota Malang

6 October 2016, 11:21
12 3 117
Gambar untuk Oktober Masuk Puncak Musim Hujan, Waspadai Tiga Bencana Ini di Kota Malang
KLOJEN - Kota Malang diprediksi memasuki puncak musim penghujan pada Oktober ini. Prakiraan itu sesuai dengan data yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG). Masyarakat diimbau untuk bersiaga terhadap tiga bencana yang kemungkinan menjangkau kota ini.

Kepala BPBD Kota Malang J Hartono mengatakan, ada tiga bencana yang diprediksi akan masuk ke Kota Malang, yakni banjir, longsor, dan puting beliung. Berdasarkan peta rawan bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ada dua wilayah kecamatan, yaitu Sukun dan Lowokwaru. Hartono bilang, dua wilayah itu rentan terkena banjir dan longsor karena berada di kawasan yang dilewati sungai-sungai besar.

"Tapi dari catatan kami bukan hanya dua wilayah itu. Di Kelurahan Madyopuro (Kecamatan Kedungkadang) dan hampir seluruh kecamatan lain juga rentang. Soalnya kan semua wilayah di Kota Malang dilalui sungai-sungai baik kecil maupun besar," katanya kepada SURYAMALANG.COM, Kamis (6/10/2016).

Dengan memasukinya puncak musim penghujan, BPBD sudah mulai menyiagakan tim untuk bersiap-siap terhadap informasi bencana. Pada awal Oktober ini, kasus bencana belum tercatat kasus bencana besar. Beberapa kasus yang tercatat adalah longsor dalam skala kecil. Contohnya, plengsengan longsor yang terjadi beberapa hari lalu di Kelurahan Mergosono.

Ia menyebut, masih ada kendala dalam penanganan bencana. Salah satunya, katanya, adalah minimnya tenaga petugas di BPBD.

"Di kantor, jumlah staf yang 22 orang. Idealnya perlu tambahan sekitar 15 orang lain. Selama ini jika terjadi bencana, kami sebagian besar mengandalkan tim relawan. Untungnya, jumlah relawan di Kota Malang itu cukup banyak," tuturnya.
(Surya Malang)

  3 Komentar untuk Oktober Masuk Puncak Musim Hujan, Waspadai Tiga Bencana Ini di Kota Malang

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

happy azmi

Semoga Malang bisa mengatasi bankir dengan baik. Kembali ke 'Khittah'nya Makobu, Malang Kota Bunga, bukan Makoru--Malang Kota Ruko. He he