NYAPAR 2019 DUSUN PAGUTAN BESOPOQ bersama KEDAI SAMPAH ISTIQOMAH

30 October 2019, 08:11 WIB
1 0 126
Gambar untuk NYAPAR 2019 DUSUN PAGUTAN BESOPOQ bersama KEDAI SAMPAH ISTIQOMAH
Pagutan, 30 Oktober 2019
Kegiatan nyapar adalah suatu tradisi turun temurun yang dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat Dusun Pagutan, Desa Pagutan, Kec. Batukliang, Lombok Tengah, NTB. Kegiatan ini awalnya adalah merupakan kegiatan Santri dari salah satu Pesantren yang ada di Dusun Pagutan. Menurut informasi dari alumni pesantren kegiatan nyapar ini dimulai sejak tahun 1970-an dan tujuannya hanya ke makam dan pesantren Alm.TGH ABDUL HAMID (Datoq Moyang) yang ada di Jurang Sate, kec. Pringgarata.
Tiga hari yang lalu Minggu 27/10/2019 seluruh elemen masyarakat Dusun Pagutan Selatan dan Dusun Pagutan Utara yang tergabung dalam suatu kegiatan Nyapar dengan tema "NYAPAR 2019 bersama PAGUTAN BESOPOQ". Tema itu secara memorial dan momentum sangat tepat untuk disematkan dalam kegiatan tersebut. Secara memorial seperti yang kami sampaikan diatas bahwa hal tersebut adalah kegiatan yang diusung oleh santri dari salah satu pesantren pada tahun 70-an. Secara momentum bahwa dulunya hanya 1 dusun sekarang sudah mekar menjadi 2 dusun yaitu Pagutan Selatan dan Dusun Pqgutan Utara.
Kegiatan Nyapar 2019 bersama Pagutan Besopoq seperti tahun-tahun sebelumnya mempunyai 2 agenda yaitu WISATA RELIGI dan WISATA ALAM. Untuk agenda pertama yaitu wisata religi, kami berkunjung ke makam para Tuan Guru. Kali ini kami berkunjung ke Makam Alm.TGH Padhil Tohir Bodak. Setelah mengisi acara di makam kemudian kami melanjutkan agenda ke-2 yaitu WISATA ALAM, tujuan kami kali ini yaitu Pantai Bukit Mereseq yang mempunyai keindahan serta pesona pantai yang dikelilingi perbukitan disepanjang pesisir panti.
Nyapar 2019 bersama Pagutan Besopoq di Pantai Bukit Meresek banyak agenda yang kami laksanakan diantaranya, Makan Bersama (Begibung), Senam, Tarik Tambang, Lari Karung serta Bersih-bersih sekitaran Pantai. Khusus untuk kegiatan bersih-bersih pantai kami menerjunkan tim dari salah satu komunitas yang ada didusun Pagutan dan peduli tentang kebersihan lingkungan Pagutan yaitu "KEDAI SAMPAH ISTIQOMAH".

  Komentar untuk NYAPAR 2019 DUSUN PAGUTAN BESOPOQ bersama KEDAI SAMPAH ISTIQOMAH

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  2. MENGAWAL KEBIJAKAN RESPONSIF JENDER DARI DESA

    Yani Mashudi  di  Manyar, Gresik  |  23 Sep 2020
  3. KOMUNITAS BELAJAR MADANI SOLO (KOMBES) terbentuk!

    Tina Dewi S  di  Surakarta Kota  |  22 Sep 2020

Komentar Terbanyak

  1. 15
    Komentar

    Royongan Komposter

    Narumi Akana  di  Wonosobo  |  23 jam lalu
  2. 4
    Komentar

    Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  3. 3
    Komentar

    FORUM MADANI WONOSOBO

    Bhayu Surya  di  Wonosobo, Wonosobo  |  24 Sep 2020
  4. 2
    Komentar

    Goes Anyer Lagundi 31 Oktober 2020

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Pasar Rebo, Jakarta Timur  |  23 jam lalu