Notulensi Pertemuan PKK Dusun Krekah Bulan Februari 2019.

54720 medium post 60829 7abc8f23 aa58 49e6 ad9f 2ad76321d818 2019 03 21t00 45 50.340 07 00
Foto yang saya posting diatas, sebetulnya dokumentasi kegiatan pertemuan rutin PKK dusun krekah pada bukan Februari. Tepatnya tanggal 7 Februari 2019.
Tetapi agak berbeda dengan biasanya , pertemuan sore itu kami lakukan sembari menunggu ibu Apri , petugas kesehatan dari puskesmas Pandak I akan menyampaikan sosialisasi Jumantik dan PSN 3M Plus.
Oleh karena itu walau sangat terlambat saya mencoba menuliskan apa yang kami diskusikan hari itu.
Acara rutin yang kami laksanakan diantaranya :
1.Pembukaan (doa dan ucapan selamat datang oleh pembawa acara)
2. Menyanyikan Indonesia raya dan mars PKK.
3. Sambutan Bu Arini , ibu dukuh kami yang isinya mbacakan notulensi dari pertemuan PKK desa Gilangharjo yang kami hadiri sebelum pertemuan di rumah ibu Partini salah satu kader posyandu lansia .
4. Arisan rutin (yang mendapat arisan kala itu, ibu Praptiningsih RT 08, kader posyandu balita )
5. Mbak Yanti salah satu kader posyandu balita kami turut mengisi , yaitu memberitahukan bahwa bantuan tikar, panci dan timbangan dari kelurahan sudah diambil.
6 . Laporan kas
7. Diskusi kecil yang menyepakati bahwa warga RT 02 yang akan mengumpulkan iuran warga untuk membantu dana PMT kegiatan posyandu di bulan Maret.
Sedangkan acara inti kami sore itu adalah mendengarkan penjelasan dari ibu Apri mengenai sosialisasi upaya Menjaga lingkungan di musim hujan ini supaya di dusun kami tidak bertambah warga yang menderita demam berdarah.
Sosialisasi dari puskesmas diawali dengan pemutaran film "1 Rumah 1 Jumantik"
Gerakan menolak DBD dengan upaya
1 rumah 1 jumantik (juru pemantau jentik) ini diharapkan akan efektif dalam memutus rantai hidup nyamuk Aedes aegypti yang merupakan penyebab penyakit demam berdarah.
Selain itu upaya dari pemerintah khususnya melalui petugas kesehatan di lembaga - lembaga kesehatan adalah dengan upaya penguatan diagnosis dini dan tata laksana kasus yg tepat .
Disampaikan pula dalam penanganan DBD, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan keberhasilan.
Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan dan pancaroba.
Program PSN yang kita ketahui, yaitu:
1) Menguras, membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain
2) Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.
3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.
Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti
1) Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.
2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk.
3) Menggunakan kelambu saat tidur.
4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk.
5) Menanam tanaman pengusir nyamuk, seperti lavender, sereh dan lainnya di rumah.
6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah.
7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, karena seperti kita ketahui nyamuk suka tinggal di tempat yang lembab dan gelap.
PSN perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan.
Catatan khusus saya waktu itu adalah , PSN 3M Plus lebih efektif dari fogging.
Karena fogging hanya membunuh nyamuk, sedang dengan PSN 3M Plus kita tidak memberi ruang untuk telur / jentik nyamuk tidak akan ada selama 2 bulan. Karena umur nyamuk 2 bulan. Akan tetapi sering sekali memang ,warga berupaya membersihkan rumah dan jamban untuk mencegah hidupnya jentik nyamuk, akan tetapi sering terlupakan barang-barang bekas di pekarangan , tonggak pohon , genangan air, bahkan daun yang walaupun hanya bisa menampung sedikit air, sangat bisa menjadi tempat nyamuk nakal tersebut berjentik - jentik.
Disinggung pula sore itu tentang membentuk skema Jumantik .
Supervisor Jumantik dipilih kepala desa , bertanggung jawab unruk pembinaan PSN 3M plus kepada koordinator dan kader Jumantik.
Koordinator Jumantik dipilih oleh RT untuk kroscek hasil pengecekan hasil laporan adanya jentik.
Laporan tersebut akan sebagai dasar penghitungan ABJ ( angka bebas jentik ).
Standar terbaik ABJ adalah kisaran angka 95%.
Sebagai contoh , rumah yang disurvei 61 tempat. Yang ditemukan berjentik ada 11 rumah . Cara menghitung ABJ nya adalah :
61-11
---------- X 100 % = 81.96 %
61
Artinya lingkungan setempat harus lebih mengupayakan kebersihan dan langkah - langkah PSN 3M Plus seperti yang saya tulis di atas.
Karena seperti ungkapan yang sering kita dengar, lebih baik mencegah daripada mengobati. #pkk #jumantik #psn3mplus
Sudah dilihat 47 kali

Komentar