Ngemil Sehat Usai Buka Puasa

61904 medium ngemil sehat usai buka puasa
Setelah waktunya berbuka puasa, keinginan ngemil biasanya akan meningkat di malam hari. Nah, agar gula darah dan bobot tak ikut-ikutan naik, siasati dengan memilih camilan yang tepat. Seperti apa?

Menurut Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK dari MRCCC Siloam Hospital Semanggi, tak ada yang salah dengan kebiasaan ngemil di malam hari. Ngemil boleh-boleh saja, tapi camilan yang dipilih harus yang sehat.

"Jangan pilih camilannya yang terlampau manis dan berat seperti cake atau brownies. Camilannya harus yang sehat, yaitu yang tinggi serat. Yang paling gampang ya sayuran, salad, atau agar-agar. Tapi hati-hati, cara membuat agar-agar yang salah justru bikin asupan itu tidak sehat," pungkas dr Samuel.

Jika biasanya saat membuat agar-agar gula yang digunakan cukup banyak agar rasanya manis, maka dr Samuel menyarankan Anda untuk tidak lagi demikian. Untuk memberikan rasa manis alami tanpa mengurangi nutrisinya, Anda bisa menggunakan air kelapa.

"Campur air kelapa dengan agar-agar bubuk, dipanaskan sampai mendidih lalu didiamkan sampai dingin. Setelah itu tuang ke cetakan, daging kelapanya dikerok dan dimasukkan ke cetakan juga. Didinginkan di kulkas, itu rasanya enak. Manis tapi sehat, karena manisnya dari air kelapa," tutur dr Samuel.

dr Samuel menekankan pentingnya untuk melupakan rasa manis, terutama untuk urusan camilan. Ini karena selain dapat meningkatkan risiko diabetes, tambahan rasa manis juga membuat Anda ketagihan ngemil sehingga kenaikan berat badan juga menjadi salah satu risikonya.

Sumber: Warta Kesehatan
Sudah dilihat 22 kali

Komentar