NGAFIL (Ngaji Filsafat) 'Filsafat Etika Islam'

52526 medium img 20190304 wa0043
06 Mar
NGAJI FILSAFAT Assalamualaikum wr.wb Dalam pengertian Arestotelian, Logika didefinisikan sebagai alat berpikir secara benar. Kata “berfikir” di sini menegaskan bahwa kaidah-kaidah Logika yang didisiplinkan Arestoteles mengatur satu dimensi kehidupan manusia, yaitu kehidupan teoretis. Secara adil, Arestoteles menyusun logika kehidupan praktis, secara lebih khusus, Nikomachus. Rangkaian kaidah praktis dirajut dalam bingkai the golden means yang menekankan keseimbangan di antara dua titik ekstrem. Tentu, upaya ini bukan yang terbaru di masanya. Guru gurunya, Sokrates, malah sibuk dan menyibukkan orang Athena dengan mencari-cari kaidah praktis ketimbang mendiskusikan isu teoretis. Dengan demikian, sudah dilakukan upaya-upaya menemukan kaidah kaidah praktis manusia bertindak yang tidak kalah pentingnya dengan kaidah kaidah teoretis manusia berpikir. Kalau kehidupan teoretis terfokus pada “bagaimana menemukan kebenaran?”, kehidupan praktis berporos pada “bagaimana menemukan kebaikan?”. Di sinilah logika praktis mendapatkan ruang studinya. Dari mana memulai studi? Tepatnya kiranya memulai dari mengenal medan studi, yaitu kehidupan praktis. Maka, masalah awal yang muncul di sini adalah: apakah kehidupan praktis manusia? Sederhananya: apakah tindakan manusia? Oleh karena itu kami dari Unit Intelektual & Ke Al Qur'anan, mengadakan NGAFIL (Ngaji Filsafat) tema "Filsafat Etika Islam" yang InshaAllah dilaksanakan pada: 📜 : Rabu, 6 Maret 2019 🕖 : 19.00- Selesai 🏠 : Kampus PTIQ Jakarta 👤 : Ammar Fauzi Ph.D (Peneliti Riset Tasawuf dan Filsafat Islam ) Harapannya teman-teman kader, untuk menghadiri acara ini, karena untuk mencapai tujuan dari Program kami yaitu memiliki skill Intelektual dan Spritual. Wassalamu'alaikum wr.wb #HMIPTIQIIQ #HMIJAKSEL #FILSAFAT #BAHAGIAHMI #YAKUSA✊✊✊
06 Mar 12:00 AM to 06 Mar 12:00 AM

Detail Acara

NGAJI FILSAFAT

Assalamualaikum wr.wb

Dalam pengertian Arestotelian, Logika didefinisikan sebagai alat berpikir secara
benar. Kata “berfikir” di sini menegaskan bahwa kaidah-kaidah Logika yang
didisiplinkan Arestoteles mengatur satu dimensi kehidupan manusia, yaitu kehidupan teoretis.
Secara adil, Arestoteles menyusun logika kehidupan praktis, secara lebih khusus,
Nikomachus. Rangkaian kaidah praktis dirajut dalam bingkai the golden means yang
menekankan keseimbangan di antara dua titik ekstrem. Tentu, upaya ini bukan
yang terbaru di masanya. Guru gurunya, Sokrates, malah sibuk dan menyibukkan
orang Athena dengan mencari-cari kaidah praktis ketimbang mendiskusikan isu
teoretis. Dengan demikian, sudah dilakukan upaya-upaya menemukan kaidah kaidah praktis manusia bertindak yang tidak kalah pentingnya dengan kaidah kaidah teoretis manusia berpikir.
Kalau kehidupan teoretis terfokus pada “bagaimana menemukan kebenaran?”,
kehidupan praktis berporos pada “bagaimana menemukan kebaikan?”. Di sinilah
logika praktis mendapatkan ruang studinya.
Dari mana memulai studi? Tepatnya kiranya memulai dari mengenal medan
studi, yaitu kehidupan praktis. Maka, masalah awal yang muncul di sini adalah:
apakah kehidupan praktis manusia? Sederhananya: apakah tindakan manusia?

Oleh karena itu kami dari Unit Intelektual & Ke Al Qur'anan, mengadakan NGAFIL (Ngaji Filsafat) tema "Filsafat Etika Islam" yang InshaAllah dilaksanakan pada:

📜 : Rabu, 6 Maret 2019

🕖 : 19.00- Selesai

🏠 : Kampus PTIQ Jakarta

👤 : Ammar Fauzi Ph.D (Peneliti Riset Tasawuf dan Filsafat Islam )

Harapannya teman-teman kader, untuk menghadiri acara ini, karena untuk mencapai tujuan dari Program kami yaitu memiliki skill Intelektual dan Spritual.

Wassalamu'alaikum wr.wb
#HMIPTIQIIQ #HMIJAKSEL #FILSAFAT #BAHAGIAHMI #YAKUSA✊✊✊
Sudah dilihat 53 kali

Komentar