Nelayan KJA Kesulitan Pasarkan Ikan Bawal Bintang

Warga AtmaGo  di  Penjaringan, Jakarta Utara
17 May 2016, 12:38 WIB
24 1 156
Gambar untuk Nelayan KJA Kesulitan Pasarkan Ikan Bawal Bintang
Ini adalah laporan dari warga di wilayah kejadian. Harap berhati-hati dan selalu waspada. Jika butuh bantuan, hubungi  112
Dua kelompok budidaya Keramba Jaring Apung (KJA) yang ada di Pulau Karang Lebar, Kelurahan Pulau Panggang Kepulauan Seribu Utara kesulitan memasarkan ikan bawal bintang hasil budidaya bantuan dari Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta.

"Kesulitannya di pemasaran, kalau soal bibit, pakan dan sarana kan sudah dibantu oleh dinas. Ada juga yang mau datang beli ikan kami walau agak lama," ujar Kardi, kelompok KJA Seafarming.

Menurutnya, untuk ikan bawal bintang kelompok KJA di Pulau Panggang baru pertama kali mengembangkan budidaya ikan itu. Sehingga kesulitan memasarkan, berbeda dengan ikan krapu yang memang sejak lama sudah memiliki peminat sehingga mudah untuk memasarkannya.

"Panen pertama ikan bawal bintang, bulan Februari lalu di dua kelompok mencapai 3,6 ton. Hanya dipasarkan ke pengepul di Pulau Pangang. Belum sampai ke eksport," tandasnya.

Sebelumnya, dua kelompok KJA di Pulau Panggang, masing-masing kelompok BBL dan Seafarming mendapatkan bantuan bibit ikan bawal bintang sebanyak 50 ribu ekor selama dua tahap, Mei dan September 2015.

  1 Komentar untuk Nelayan KJA Kesulitan Pasarkan Ikan Bawal Bintang

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar