Nambo Beroperasi, DLHK Siapkan Armada Khusus

67707 medium 24072019%281%29
Upaya persiapan pembuangan sampah ke Tempat Pemrosesan dan Pengolahan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo, Kabupaten Bogor, dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Depok dengan mempersiapkan armada pengangkutan. Hal ini dilakukan, agar jumlah sampah yang akan dibawa ke Nambo sesuai dengan kapasitas armada milik DLHK.

“Kami telah mempersiapkan 50 truk, di antaranya 43 truk biasa dan 7 truk tronton. Nanti teknisnya dari TPS langsung dibuang ke Nambo dengan kapasitas 300 ton per hari di tahap awal, sampai dengan pertengahan tahun 2020,” ujar Kepala Bidang Kebersihan dan Kemitraan DLHK Kota Depok, Iyay Gumilar, di ruang kerjanya, Rabu (24/07/2019).

Dijelaskannya, setelah pertengahan tahun 2020, kapasitas sampah yang dibuang ke Nambo jumlahnya meningkat menjadi 500 sampai 700 ton per hari. Sampai saat ini, pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan Kabupaten Bogor dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat.

“Sampah yang kita kirim nantinya merupakan sampah baru, bukan sampah lama yang ada di TPA Cipayung,” ucapnya.

Iyay mengatakan, saat ini TPA Cipayung sedang dikaji untuk revitalisasi. Karena rencananya, TPA Cipayung akan direnovasi. Dia mengungkapkan, selama proses rehab, diharapkan sampah yang masuk ke TPA Cipayung dapat diminimalisir.

“Ada batas maksimal, mungkin TPA Cipayung masih digunakan dan kami terus berupaya untuk mengurangi sampah yang masuk ke sana. Mudah-mudahan dengan beroperasinya Nambo nanti, bisa membawa pengaruh baik terhadap TPA Cipayung,” ucapnya.

sumber: pemkotdepok
foto: pemkotdepok
Sudah dilihat 21 kali

Komentar