My Journey : Melbourne Dan Tram

23443 medium img 20180316 143741
Salah satu yang juga patut dipertimbangan untuk bisa diadopsi oleh Kota-Kota besar di Indonesia yang seringkali mengalami program macet akut seperti Kota Malang adalah dengan mencoba menyediakan angkutan masal yang memadai serta mendorong masyarakat meninggalkan atau setidaknya mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Salah satu contoh penyediaan angkutan masal yang cukup baik adalah Negara Bagian Victoria Australia dengan integrasi transportasi publik tram, train dan bus. Secara administratif dan teknis ketiga jenis transportasi publik tersebut sangat terhubung dan terkait satu sama yang lain. Jalur diantara ketiga jenis kendaraan umum tersebut didesain saling bersinggungan. Untuk pembayaran menggunakan opal (kartu pembayaran online) myky-pt>.

Saya pribadi saat berada di Melbourne, selalu menggunakan tram yang sudah sangat memadai untuk mengelilingi sudut-sudut Kota dan bahkan sampai pada di pinggir kota sekalipun. Pihak PTV (Public Transport Victoria) juga menyediakan panduan yang disediakan secara manual maupun online berupa Tram Route Guide dan Tram Tracker. Biaya yang dikeluarkan menurut saya juga terbilang hemat, karena hanya dengan 8 AUD (biaya maksimal) sudah bisa mengelili Kota Melbourne dan bahkan sampai ke tepi-tepi Kota dengan berapa-kalipun berganti tram. Jika perjalanan kita baik dengan tram, train dan bus sudah mencapai $8 AUD, maka selanjutnya tidak akan dkenai biaya, Jadi saat menggesekkan kartu OPAL akan terlihat $0 biaya. Juga di pusat-pusat kota pada umumnya sebagai zona bebas biaya tram alias gratis (Free Tram Zone). Beberapa rute tram hanya melayani sampai jam 1.00 dini hari, namun ada juga yang melayani sepanjang malam. Rute tram mengkoneksikan antar tempat yang satu dengan yang lain seperti bandara, pelabuhan, pusat kota, kampus dan sebagainya.

Pemerintah Daerah di wilayah Malang Raya sebaiknya mempertimbangkan untuk segera merealisasikan penyediaan angkutan massal yang memadai tentunya sesuai kebutuhan masyarakat Malang Raya yang bisa mengkoneksikan tempat-tempat strategis di Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Kabupaten Malang dengan pantai-pantainya nan elok, Kota Batu dengan panorama pegunungan yang menawan serta Kota Malang dengan Pusat Perkotaan dan taman-taman yang indah akan menjadi semakin "ngetop" jika terdapat sarana yang mengintegrasikan dan mengkoneksikan secara efektif dan efisien. Semoga.

Komentar