musim kering di kabupetaen Bekask

22 June 2019, 16:31 WIB
3 0 51
Gambar untuk musim kering di kabupetaen Bekask
Kekeringan kerap datang pada musimnya, jika sudah datang tentu kekhawatiran jelas membuat resah warga yanh kebanyakan mengais rejeki dari air, semisal petani. Dalam laman okenews, diketahui jika Kabupaten Bekasi alami Bencana Kekeringan Terparah. Ada 3 dari 23 kecamatan yang kerap menjadi langganan kekeringan saat kemarau tiba, yakni Cibarusah, Serang Baru dan Cikarang Selatan. Tahun 2017 tiga lokasi tersebut alami kekeringan terparah.
"Kita di tahun 2017 sangat luar biasa keringnya, sudah akut dan menjadi catatan rapor merah penanggulangan bencana di Kabupaten Bekasi pada waktu itu. Dampaknya sangat luas. Saat itu kita dapat laporan sampai 32 hektare (lahan pertanian kering) yang ada di tiga wilayah, Desa Ridogalih, Ridomanah dan Sinarjati," kata Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Komisi IV, Nyumarno kepada Okezone, Kamis (20/6/2019).
Sebanyak 2.659 kepala keluarga alami kekeringan di Kecamatan Cibarusah yang, data ini di dapat dari BPBD Kabupaten Bekasi. Ribuan KK tersebut sehari-hari diketahui hanya mengandalkan suplai air bersih yang didistribusikan pihak PDAM Tirta Bhagasasi, yang bisa mencapai ribuan liter per hari.
"Dampak kekeringan sebetulnya tidak hanya ke masyarakat secara langsung kaitan dengan air minum, tetapi sangat luas. Lahan-lahan pertanian di wilayah Selatan yang notabene kalau ada kekeringan, lahan pangan kami dan cocok tanam tidak bisa, jadi gagal panen," ujarnya.
"Kita menggantungkan nasib ketahanan pangan salah satunya kan padi selain jagung, dan kami masih tersuplai dari wilayah Selatan yang lahannya juga masih ada. Meskipun kita dapat bantuan subsidi misalkan dari kabupaten tetangga seperti Karawang, tapi ketahanan pangan kami harusnya tercukupi dengan baik dan tidak ada kendala apabila kekeringan dapat diatasi," imbuh Nyumarno.

Selengkapnya: okezone.com (Cerita Warga Bekasi saat Kemarau: Gali Sumur Sampai 90 Meter Tak Keluar Air)

  Komentar untuk musim kering di kabupetaen Bekask

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!