MUSDUS SEBAGAI BAGIAN DARI PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI DESA BEBER KEC.BATUKLIANG

28 February 2019, 19:16 WIB
2 0 240
Gambar untuk MUSDUS SEBAGAI BAGIAN DARI PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI DESA BEBER KEC.BATUKLIANG
Hasil tergantung Pada Perencanaan. Hal ini juga berlaku di Pembangunan sebuah Desa. Untuk mendapatkan hasil pembangunan yang baik tentu saja tergantung oleh baik buruknya perencanaan yang dilakukan oleh desa tersebut. Jadi RPJMDes sangat perlu dan wajib dilakukan.

Salah satu proses yang harus dilakukan untuk membuat RPJMDes adalah dengan terlebih dahulu melakukan Musyawarah Dusun atau yang lebih familiar dengan sebutan MUSDUS.

Musdus atau musyawarah Dusun merupakan salah satu cara menangkap dan menggali gagasan,ide,potensi,dan rencana pembangunan di Desa selama 6 tahun ke depan.

Penggalian gagasan,potensi dan akar masalah di dusun diharapkan mampu terkoordinasi dan terfokus untuk peningkatan Sumber Daya Manusia.

Ada 3 alat kaji dalam menggali gagasan dalam rangka penyusunan RPJM-Des yakni :
1.sketsa Dusun,
2.Diagram Kelembagaan dan
3.kalender musim.
Diharapkan masyarakat mampu mengusulkan segala potensi Dari pembangunan di dusun setempat dan untuk Desa Beber pada umumnya.

Pelaksanaan Musdus dilakukan dan difasilitasi oleh Panitia / Tim 11 yang sebelumnya sudah terbentuk sebagai proses awal dalam penyusunan RPJMDes. Tim 11 merupakan perwakilan dari pemerintah Desa dan perpanjangan atau jembatan antara pemerintah Desa dengan masyarakat/Warga.

Diharapkan Tim 11 mampu melaksanakan tugas dan dedikasinya untuk kemajuan Desa Beber kita tercinta.

Semoga Musdus berjalan dengan baik sehingga mampu menyerap aspirasi masyarakat sehingga nantinya bisa dituangkan dalam RPJMDes yang baik dan tepat untuk pembangunan di Desa Beber Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat.

#SelamatberkerjaTim11
#MariberbuatuntukDesaBeber
#BeberBisa..
#bebermaju

source: Nurifansyah (taken from FB: ifan keong)

  Komentar untuk MUSDUS SEBAGAI BAGIAN DARI PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI DESA BEBER KEC.BATUKLIANG

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!