Mulai 1 Des, Bogor Says No To Plastic

31 October 2018, 23:53 WIB
2 0 69
Gambar untuk Mulai 1 Des, Bogor Says No To Plastic
Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat akan menerapkan larangan penggunaan kantong plastik dalam pelayanan konsumen di setiap toko modern dan pusat perbelanjaan (ritel). Aturan ini rencananya akan diterapkan pada 1 Desember 2018.

Sosialisasi untuk tidak menggunakan plastik menyasar komunitas, sekolah-sekolah, organisasi masyarakat, ibu-ibu pengajian dan peritel. Aturan ini diharapkan akan mendapatkan respon positif dari masyarakat dan ritel. Sejauh ini, alternatif pengganti kantong plastik yang menjadi tantangan. Pasalnya beberapa opsi yang Pemkot Bogor ketahui memang masih mahal.

Pada tahapan ini adalah saat di mana warga Kota Bogor harus mau membawa kantongnya sendiri saat berbelanja, dan tidak lagi menggunakan kantong plastik. Pemkot Bogor juga akan membuka celah pada para ibu serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk membuat kantong-kantong ramah lingkungan pengganti plastik.

Inisiatif daerah Pelarangan penggunaan kantong plastik sebelumnya juga telah dilakukan di Banjarmasin dan Balikpapan oleh Pemerintah Daerah. Selain Kota Bogor akan ada Kota Denpasar yang juga mulai melarang penggunaan kantong plastik pada 1 Januari 2019.

Berdasarkan Peraturan Wali Kota Denpasar Nomor 36 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik maka seluruh toko modern dan pusat perbelanjaan di Denpasar dilarang menyediakan kantong plastik.

  Komentar untuk Mulai 1 Des, Bogor Says No To Plastic

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!