MKKS DI SMPN 3 KOPANG

12 October 2019, 15:07 WIB
3 0 106
Gambar untuk MKKS DI SMPN 3 KOPANG
Montong Gamang (12 Oktober 2019) -
MKKS kali ini diselenggarakan di SMPN 3 Kopang dan dihadiri oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah, Bapak Kabid, dan Bapak Kasi Kurikulum bidang SMP, Bapak Pengawas Pembina SMP Bapak Sayuti, M.Pd. dan seluruh kepala sekolah SMP/SATAP se-kabupaten Lombok Tengah.
Acara musyawarah dibuka dengan menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia raya, kemudian dilanjutkan dengan acara pertama yaitu sambutan ketua MKKS Lombok Tengah.
Ada beberapa hal penting yang dissmpaikan antara lain mengenai pelaksanaan karnaval, Konfrensi MUI dan Upacara HUT Lombok Tengah ke 74.
Kegiatan Karnaval akan diselenggarakan pada tanggal 1 November 2019 dan akan diikuti oleh 24 regu. 12 regu dari SD dan 12 regu SMP dinana regu-regu tersebut merupakan representasi dari 12 kecamatan se-Kabupaten Lombok Tengah.
Pada ajang karnaval kali ini setiap regu akan menampilkan ikon pariwisata Lombok Tengah yaitu putri nyale dan diiringi dengan baju adat penganten serta kesenian tradisional Gendang Beleq. Yang paling menarik bahwa Bapak/ibu kepala sekolah akan memakai pakaian adat sesuai dengan dari mana asal mereka.
Selanjutnya Bapak Ketua MKKS menyampaikan bahwa di tengah persiapan penyelenggaraan acara HUT Lombok Tengah, sekarang sedang berlangsung Rakernas MUI yang dilaksanakan selama 3 hari
yaitu dari tanggal 11 s.d 13 Oktober 2019 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kabupaten Lombok Tengah.
Ada 34 perwakilan provinsi yang menghadiri kegiatan Rakernas dimana untuk mendampingi para perwakilan tersebut diberi tanggung jawab kepada masing-masing SKPD yang ada di Kabupaten Lombok Tengah.
Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah diberi tanggung jawab untuk mendampingi Ketua, Wakil ketua dan Sekertaris MUI pusat. Untuk mempermudah pendampingan, maka Bapak Kepala Dinas membagi tugas menjadi 3 zona yaitu zona Aiq meneng yang diketuai oleh Bapak Ahmad Yani, S.Pd, zona Tunjang tilah diketuai oleh Bapak Majri, M.Pd dan zona Empak bau diketuai oleh Bapak Drs.H. Syafi'i.
Ketiga ketua zona ini akan diberi tugas masing-masing untuk mengawal pejabat tinggi MUI pusat tersebut. Ketua zona Aiq Meneng akan menyambut dan mendampingi kedatangan rombongan, kemudian ketua zona Tunjang Tilah bertugas untuk mendampingi selama konfrensi dan untuk ketua zona Empak Bau akan mendampingi dan mengantar Pejabat MUI pusat ke bandara.
Pada akhir sambutan Bapak Ketua MKKS mengingatkan semua kepala sekolah yang hadir pada kegiatan MKKS untuk sama-sama menghadiri Upacara HUT Kabupaten Lombok Tengah ke-74 dengan memakai pakaian adat sesuai suku dan adat serta asal dari Kepala sekolah.
Acara selanjutnya diisi oleh sambutan salah seorang Pengawas Pendidikan yaitu Bapak Sayuti. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan terkait dengan Penguatan Kepala Sekolah. Berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2016 bahwa Kepala sekolah yang diangkat baik sebelum April 2018 ataupun sesudahnya wajib mengikuti penguatan kepala sekolah, namun dengan model yang berbeda. Untuk kepala sekolah yang diangkat sebelum April 2018 akan mendapat penguatan selama 8 hari dan bagi Kepala sekolah diangkat sesudah April 2018 maka wajib mengikuti penguatan selama 3 bulan atau setara dengan 300 jam. Kenapa lebih lama penguatan bagi kepsek yang diangkat sesudah April 2019, karena mereka masih dianggap calon kepala sekolah demikian tambah bapak pengawas bapak Sayuti, M.Pd.
Beliau juga menyampaikan bahwa Program penguatan kepala sekolah ini harus sudah berahir pada tahun 2020. Dan diharapkan semua kepala sekolah pada tahun tersebut harus sudah memiliki Nomor Unik Kepala Sekolsh (NUKS), Kalau tidak konsekwensinya adalah kepala sekolah yang belum memiliki nomor unik yang dimsksud tidak berhak menyelenggarakan UN dan menandatangani Ijazah. Konsekwensi lain adalah kepala sekolah tidak berhak mendapat dana BOS ataupun dana-dana sekolah lainnnya.
Oleh karena itu para calon peserta penguatan diharakan benar-benar mempersiapkan diri terutama keterampilan IT khususnya program word, excell dan power point karena LK-LK yang dikerjakan pada pelatihan dilaksanakan berbasis IT. Dan dalam proses pelaksanaan penguatan ada 44 LK yang harus diselesaikan ternasuk beberapa modul berupa materi penguatan.
Untuk kriteria penilaian bagi peserta terdiri dari 3 aspek diantaranya aspek sikap, aspek keterampilan dan aspek pengetahuan. Sedangkan prosentase perbandingan penilaian peserta adalah 30% untuk aspek sikap, 40% untuk asprk keterampilan dan 30% utuk aspek pengetahuan.
Adapun peserta dinyatakan lulus apa bila akumulasi dari nilai sikap, keterampilan dan pengetahuan minimal 70 dengan predikat memuaskan. Berikut rentangan nilai kelulusan dan predikat kelulusan adalah dari nilai 70 sd 80 cukup memuaskan, sedangkan dari nilai 80 sd 90 memuaskan dan apabila rentangan nilai yang diperoleh peserta antara angka 90 sd 100 sangat memuaskan. Oleh karena itu beliau menekankan kepada para peserta calon penguatan kepala sekolah yang akan mengikuti kegiatan tahap 2 ini agar mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh agar bisa lulus dengan nilai sangat memuaskan.
Diahir sambutannya beliau menyampaikan bahwa, masih banyak kepala sekolah yang belum melaksanakan supervisi akdemik dan penilaian kerja guru atau PK guru, padahal kegiatan ini sangat penting sebagai dasar penilaian SKP. Maka dihimbau agar para kepala sekolah harus melaksanakan supervisi secara optimal sebab ini merupakan salah satu tupoksi seorang kepala sekolah. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa bagi sekolah-sekolah yang sertikat akreditasi sekolahnya yang mau kadaluarsa pada tahun ini agar mengisi SISPENA agar bisa terbaca untuk diprogram dapodik sehingga bisa dijadwalkan waktu visitasi yang skan datang.
Dibagian terahir beliau juga berharap agar kepala sekolah mengalokasikan waktu belajar untuk teori BK selama 2 jam per minggu sesuai amanat Permen Nomor 114 tahun 2014.
Pada kesempatan berikutnya Bapak kasi kurikulum bidang SMP menyampaikan bahwa minimal ada 4 kali penilaian sekolah terhadap siswa setiap tahun yaitu penilaian PTS semester ganjil, penilaian semester, penilaian PTS sms genap dan penilaian semester kenaikan kelas. Selanjutnya beliau berpesan agar benar benar memperhatikan 4 standar pendidikan sebagai refrensi dalam peningkatan mutu pendidikan sekolah. Ke empat setandar yang dimaksud adalah standar isi (SI), standar kelulusan (SKL), standar proses dan standar penilaian. Informasi lain adalah terkait dengan UNKP dan UNBK sreanjutnya tentang kuota PIP dan dibagian ahir sambutan beliau adalah terkait tes UKG baik untuk GT ataupun GTT. Bagi guru GT nilai UKG akan digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk promosi jabatan sedangkan untuk GTT akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk dijadikan guru yang disertifikasi.
Untuk sambutan Bapak Kabid bidang SMP dan Bapak Kepala Dinas pendidikan diberi kesempatan setelan sambutan dari Bapak Kasikur bidang SMP karena beliau- beliau hadir di tengah acara. Bapak Kabid bidang SMP dan Bapak Kepala dinas tidak banyak memberikan sambutan hanya penguatan informasi yang telah disampaikan oleh bapak-bapak pembicara sebelumnya.
Kegiatan MKKS ditutup tepat jam 12 wita dan diahiri dengan doa yang dipimpin oleh Bapak H. Hasan, S.Pd kepala srkolah SMPN 3 Batukliang.

  Komentar untuk MKKS DI SMPN 3 KOPANG

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. New Normal Starter Pack

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Cibeurum, Sukabumi Kota  |  30 May 2020
  2. Warga RW 22, Mergangsan Kidul Sulap Selokan Jadi Lahan Budidaya Ikan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  2 Jun 2020
  3. Viral Video Anak Merokok, Yayasan Lentera Anak : Pelanggaran Peraturan Dan Hak Anak

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Jagakarsa, Jakarta Selatan  |  28 May 2020
  4. Penyakit Cengkal

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Kalipuro, Banyuwangi  |  30 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar

    Aceh Sukses Putus Rantai Penyebaran COVID

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  28 May 2020
  2. 3
    Komentar

    TIDAK PERLU AJARI KAMI NEW NORMAL, SUDAH BIASA BOSCU

    Dhani Rama  di  Palu Kota  |  1 Jun 2020
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar

    Kenali Panduan New Normal Perusahaan Saat PSBB

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cibitung, Bekasi Kabupaten  |  27 May 2020