MEWADAHI MINAT DAN BAKAT PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRA TEATER DAN SENI TARI SDN 2 TANJUNG PASCA GEMPA

52195 medium img 20181203 wa0006
Kegiatan ekstrakurikuler ini perlu dibudayakan dalam sekolah sebagai salah satu tujuan Negara Republik Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, untuk itu setiap warga negara Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya tanpa memandang status sosial, ras, etnis, agama dan gender.
Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhak, sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Sebagai wujud dari realisasi Pembukaan UUD 1945 dan tujuan pendidikan Nasional maka SDN 2 Tanjung menyelenggarakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler diantaranya teater, pencak silat, karate, tari, khasidah, dan olah raga. Menurut Kepala Sekolah yaitu Bapak Pariduddin, A.Ma.Pd. bahwasannya kegiatan ekstrakurikuler sangat perlu sekali guna menampung minat dan bakat peserta didik. Sekolah ini memiliki jumlah peserta didik yang sangat banyak dengan jumlah 393. Dengan jumlah peserta didik yang banyak ini memungkinkan bagi sekolah untuk mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler sehingga minat dan bakat perserta didik dapat tersalurkan dengan baik.
Kegiatan Ekstrakurikuler merupakan salah satu kegiatan di luar jam sekolah yang menjadi wadah dalam berkreasi atau menyalurkan bakat dan minat peserta didik.
Antusias anak-anak dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler teater SDN 2 Tanjung, walaupun dalam keterbatasan tempat tidak menurunkan minat anak-anak untuk mengikuti kegiatan ekskul teater ini.Pembina Kegiatan ini adalah Bapak Mulyadi, S.Pd. beliau sudah banyak pengalamannya dalam teater. Kegiatan ekskul ini betul betul mengasah mental dan keberanian siswa.
Tak mau ketinggalan juga anak-anak yang berminat mengikuti kegiatan ekskul seni tari. Kegiatan ini dipandu oleh Ibu Sulastri, S.Pd. Beliau adalah guru tari yang sangat berpengalaman. Dalam situasi pasca gempa ini anak-anak tetap bersemangat untuk mengikuti beberapa kegiatan ekstrakurikuler, meskipun kelas mereka adalah kelas darurat. Semangat untuk bangkit dan keinginan untuk kembali beraktifitas seperti sediakala tetap membara di hati anak-anak SDN 2 Tanjung.

Sudah dilihat 129 kali

Komentar