Meriahkan Sumpah Pemuda Memengan tradisional sampai pungut sampah plastik.

27 October 2019, 23:34 WIB
7 12 426
Gambar untuk Meriahkan Sumpah Pemuda Memengan tradisional sampai pungut sampah plastik.
Sampah plastik sontak menjadi tema menarik untuk diulas ketika faktanya Indonesia kantongi predikat pemasok sampah terbesar kedua di dunia. Karena sifatnya yang susah terurai akan mengancam kelestarian lingkungan hidup kita. Itulah mengapa sampah plastik menjadi penting dan butuh perhatian extra.

Minggu ,27 Oktober 2019, Balai lingkungan Mojoroto ramai dipadati wargaa, upacara menyambut dan memperingati Hari Sumpah Pemuda . Ditengah kerumunan sebuah banner bertulis "BKR DAN PIK.R Memperingati Sumpah Pemuda dengan Menumbuhkan rasa Cinta dan Peduli Kelestarian Budaya dan Lingkungan Hidup", tengah terpampang walau terlihat kurang kokoh.

Dalam pidato upacaranya Dra. Sri Widyastuti PLKB kec. Giri sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. " Semoga kedepannya kegiatan ini berkembang menjadi icon wisata Kampung Memengan Kelurahan Mojopanggung" ujarnya, serentak di ikuti tepuk tangan meriah warga.

Yulianing Pembina Remaja dan Kader COE kelompok Bina Keluarga Remaja percontohan kecamatan Giri menambahkan dalam sambutannya, "Setelah upacara kita lanjut ke aksi gelar memenganan tradisional, selodor, bekel, dakon, egrang, tembung, engklek , nari dan pelencatan karet. Jangan lupa kegiatan ini, nanti ditutup dengan aksi keliling pungut sampah plastik, semangat ya semuanya." teriaknya menyemangati peserta. Dalam sambutanya menjelaskan bahwa Kegiatan ini untuk menumbuhkan kepedulian dan pertisipasi turut melestarikan budaya dan lingkungan hidup.

Ketua Insan Genre Banyuwangi Ahmad Riski Maulana juga turut hadir, " Kegiatan ini sebagai upaya komitmen kita mengurangi 70% sampah plastik di lautan maupun daratan." ucapnya menambahkan.

Rangkaian acara berakhir di sebuah rumah kecil di Mahakam 1 dengan teras mungil 2x1 meter, dan bermuaralah sampah sampah di beberapa karung tersebut di tempat kegiatan bank sampah. "Terimakasih semuanya Harapanya kegiatan ini bisa kontinue ya" , papar Yulianing kepada semua peserta.

  12 Komentar untuk Meriahkan Sumpah Pemuda Memengan tradisional sampai pungut sampah plastik.

Tulis komentarmu...

Mbak Ning

Trimaksih kepda segenap pihak yang telah berkecimpung hingga acra terelnggara lancar dan sukses. Bersama berkarya meraih asa.

NURHIDAYATI

Alhamdulillah...semoga semakin Maju BKR dan PIK.R...semakin cmerrlang dan bermanfaat utk kegiatan2 ke depanya...semangat terus Bu tyas

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. CleanUp Kerja Bakti

    Pemuda Sosial Pulo Timaha  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  19 Sep 2020
  2. Berkolaborasi Menggapai Mimpi Kampung Karangwaru Kidul, Tegalrejo

    Abdul Razaq  di  Tegalrejo, Yogyakarta  |  18 Sep 2020
  3. Penyusunan Masterplan Kampung Surokarsan

    mas agus  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  19 Sep 2020
  4. Warga Kampung Wirogunan Lakukan Mapping Wilayah untuk Penyusunan Masterplan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  20 Sep 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    WORLDCLEANUPDAY, 19 SEPTEMBER 2020

    Umi sulvian  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  19 Sep 2020
  2. 4
    Komentar

    Penyusunan Masterplan Kampung Surokarsan

    mas agus  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  19 Sep 2020
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar

    Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  23 jam lalu