Merdeka Mengajar Bukan Berarti Semau Gue.

23 February 2020, 17:42 WIB
4 11 448
Gambar untuk Merdeka Mengajar Bukan Berarti Semau Gue.
Kata "Merdeka" menurut KBBI adalah tidak terikat, tidak tergantung dari orang atau pihak tertentu, leluasa. Sedang kata "mengajar" berarti proses dalam pemberian pelajaran pada peserta didik. Jadi makna literal dari kata merdeka mengajar adalah memberi pelajaran tampa keterikatan atau ketergantungan dari orang atau pihak lain atau dengan kata lain guru harus leluasa memberikan pelajaran kepada sisiwa.

Merdeka mengajar bukan berarti bebas mengajar tampa aturan, tampa rencana, tampa media atau mengajar semaunya. Kata merdeka masih diikat oleh kata guru. Sebagai guru harus memiliki kode etik, guru itu harus memiliki rambu-rambu dan norma-norma bekerja, karena seorang guru itu harus profesional (UU No 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen)

Kata "merdeka" pada merdeka mengajar artinya guru bebas memilih metode, bebas memilih teknik, bebas memilih media mengajar. Ada ratusan metode dan teknik mengajar, ada banyak sekali media pembelajaran, namun seorang guru harus memilih satu diantara yang banyak sesuai dengan rambu-rambu mengajar seperti tujuan mengajar, siapa yang diajar, dimana dan kapan mengajar.

Jadi pemilihan metode, teknik dan media pembelajaran ditentukan oleh tujuan pembelajaran, siapa muridnya, dimana belajarnya apakah di dalam kelas, di luar kelas atau di laboratorium. Kemudian kapan dilaksanakan pembelajaran. Apakah pembelajaran dilaksanakan pada pagi hari, siang hari ataupun malam hari. Kesemua ini sangat menentukan metode, teknik dan media pembelajaran yang dipilih.

Kesimpulannya, guru merdeka adalah guru yang tidak merasa terikat dan tertekan dalam proses memberikan pelajaran pada peserta didik. Merdeka mengajar adalah tidak terikat oleh salah satu metode, tetapi leluasa menggunakan metode, teknik ataupun media pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai. Merdeka mengajar akan berdampak pada suasana belajar yang merdeka pula yaitu, ketika mengajar akan terbangun suasana senang, suasana gembira. Suasana ini akan membawa siswa tidak merasa tertekan dan terikat, sehingga mereka bisa berpartisipasi secara optimal dalam proses pembelajaran. Dengan demikian optimalisasi tingkat partisipasi siswa dalam proses pembelajaran tentunya akan menghasilkan hasil belajar yang lebih optimal pula. (Zul)

  11 Komentar untuk Merdeka Mengajar Bukan Berarti Semau Gue.

Tulis komentarmu...

Zulkarna

apa yang menjadi komentar Pak Rizak merupakan contoh kritis dalam berwacana. ini yg sangat diharapkan pada young generation. maka tuluslah

narma

Kinerja yg utama dg penuh keikhlasan ..., hak mngiringi, heee... its ok my teacher, me too. 4 gv me ... ur my inspiration.... 🙏🙏🙏👍👍

Zulkarna

Kinerja dulu atau hak? atau sebaliknya?...kembali ke diri masing2...So sorry to say that🙏🙏🙏

narma

geh dukung dri blkang sarannya pk guru Muhammad Rizal Suryadin, profesional dlm meningkatkan kinerja guru. mengapresiasi, insyaAllah berkah.. amiin

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  2. CleanUp Kerja Bakti

    Pemuda Sosial Pulo Timaha  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  19 Sep 2020
  3. Penyusunan Masterplan Kampung Surokarsan

    mas agus  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  19 Sep 2020
  4. Warga Kampung Wirogunan Lakukan Mapping Wilayah untuk Penyusunan Masterplan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  20 Sep 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    WORLDCLEANUPDAY, 19 SEPTEMBER 2020

    Umi sulvian  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  19 Sep 2020
  2. 4
    Komentar

    Penyusunan Masterplan Kampung Surokarsan

    mas agus  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  19 Sep 2020
  3. 3
    Komentar

    FORUM MADANI WONOSOBO

    Bhayu Surya  di  Wonosobo, Wonosobo  |  24 Sep 2020
  4. 3
    Komentar

    Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020