Meraup Keuntungan dari Bisnis Hidroponik, Mahasiswa KKN UIN Walisongo diberi Bekal dari Petani

4 0 124
Gambar untuk Meraup Keuntungan dari Bisnis Hidroponik, Mahasiswa KKN UIN Walisongo diberi Bekal dari Petani
Meraup Keuntungan dari Bisnis Hidroponik, Mahasiswa KKN UIN Walisongo diberi Bekal dari Petani Hidroponik Sukses di Pati Jawa Tengah

Rabu, 10 Januari 2021 bertepat di desa Kauman Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, perwakilan mahasiswa KKN MIT DR-XI UIN Walisongo melakukan kunjungan sekaligus panen tanaman selada hidroponik. Kunjungan dilatar belakangi karena minat mahasiswa yang penasaran bagaimana menjadikan proses penanaman tanaman tanpa media tanah. Anggi Maulana yang mengembangkan usaha hidroponik ini merupakan seseorang lulusan S1 Teknik Elektro. Dia berhasil meraup keuntungan dari bisnis ini berkat kerja keras dan dukungan dari keluarganya.
Hidroponik berasal dari kata yang diambil dari bahasa Yunani yaitu Hydro yang mempunyai arti air dan juga ponos yang mempunyai arti daya. Jadi, hidroponik adalah suatu cara bercocok tanam dengan pemberian nutrisi pada tanaman dengan menggunakan air. Hal seperti inilah yang menyebabkan pertumbuhan tanaman hidroponik lebih cepat daripada tanaman umumnya.
Saat dua kata itu disatukan akan membentuk definisi budidaya suatu tanaman dengan memanfaatkan media air sebagai media tanam utamanya.
Pemilik usaha ini pada awalnya hanya ingin memanfaatkan lahan kosong dan terbilang sempit di depan rumahnya. Ia berfikir bagaimana lahan tersebut tidak kosong, akhirnya ia mendapat ide untuk membuat lahan yang penuh dengan tanaman hidroponik. Luas lahannya sekitar 5x5 m2. Dengan modal awal sebesar kurang lebih Rp 4.000.000 dia membuat instalasi tanaman hidroponik sekaligus atapnya. Kini ia bisa meraih omset jutaan rupiah dalam setiap bulannya. Untuk distribusi hasil panen tanaman hidroponik, ia menyalurkan ke distributor supermarket dan ke pemilik kedai makanandi kawasan Pati. Tanaman yang ia tanam cenderung bervariatif mulai dari sawi pakcoy, bayam merah, tomat ceri, selada, selada romaine, dan daun mint.
Proses menumbuhkan tanaman juga terbilang relatif sulit, hanya perlu perhatian dan pengecekan kadar nutrisi dan air.
Sistem yang digunakan pada penanaman hidroponik ini adalah sistem NFT. Nutrient Film Technique (NFT), merupakan metode hidroponik yang wadahnya dibuat miring untuk mengalirkan air nutrisi pada akar-akar tanaman secara terus menerus tanpa menggunakan timer. Tanaman hidroponik diletakkan pada netpot yang akarnya menggantung. Akar menggantung inilah yang nantinya dilalui oleh air nutrisi. Jalannya air nutrisi pada sistem hidroponik ini dimulai dari air bak penampungan yang dipompa menuju pipa lalu melewati akar-akar tanaman dan kembali lagi pada bak penampungan. Siklus ini terus berjalan secara terus-menerus. Proses pertama dalam pembuatan tanaman hidroponik yaitu persiapan alat dan bahan, pemilihan bibit, penyemaian benih, pembesaran pada sistem hidroponik, pembuatan nutrisi, perawatan tanaman dan terakhir adalah panen.
Anggi juga mempersilakan mahasiswa yang berkunjung untuk memanen tanaman selada hidroponik yang sudah siap panen. Ia mengajarkan bagaimana memulai penanaman hidroponik dari penyemaian benih sampai dengan panen serta penyaluran tanaman ke distributor. Setelah diberi bekal, pemilik usaha hidroponik ini berharap agar masyarakat dapat mulai mengembangkan tanaman hidroponik organik meski dengan lahan sempit di tengah perkotaan, lahan yang tandus, media yang sederhana tanaman hidroponik dapat menjadi solusi.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru

Berita Warga
27 menit lalu

Warning Bid'ah

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Patokbeusi, Subang

Terpopuler

  1. Pray For Indonesia From Tangerang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cisauk, Tangerang Kabupaten  |  19 Jan 2021
  2. Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Virus Itu Bukan Fiksi, Ini Semua Adalah Nyata

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cengkareng, Jakarta Barat  |  24 Jan 2021
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar

    Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021
  4. 2
    Komentar

    Pembukaan Beasiswa Banyuwangi Cerdas 2021

    Wisnu Artedjo  di  Banyuwangi  |  21 Jan 2021