Menumbuhkan Minat Menjadi Seorang Akuntan Melalui Media Ajar Accpoly

24 October 2019, 21:09 WIB
0 0 41
Gambar untuk Menumbuhkan Minat Menjadi Seorang Akuntan Melalui Media Ajar Accpoly
Awal tahun ajaran baru merupakan momen yang ditunggu-tunggu bagi setiap murid. Khususnya murid yang menempuh jenjang pertama pada sebuah sekolah menengah. Berakhirnya masa putih biru bukanlah akhir bagi perjalanan hidup mereka. Namun, hal tersebut adalah awal untuk mengisi lembar kisah baru di sekolah menengah atas.

Masa sekolah yang indah menjadi impian dan harapan bagi tiap murid. Memperoleh sekolah impian dan dapat menekuni lebih lanjut minat belajar tentu saja menjadi gambaran ideal bagi kehidupan para siswa. Namun, realita tetaplah sebuah kenyataan hidup yang ada. Tidak semua murid memiliki dan mampu mengeksplor minat yang mereka miliki. Hal ini terbukti dengan banyaknya murid yang tidak mengetahui alasan bahkan tidak memiliki tujuan dalam penentuan sekolah. Khususnya bagi mereka yang memilih sekolah kejuruan. Khususnya jurusan Akuntansi yang senantiasa saya tekuni.

Awal baru di sekolah baru, hal yang dilakukan tentu saja adalah sebuah perkenalan. Seperti kata pepatah, "Tak kenal maka tak sayang". Selain itu, dengan adanya perkenalan akan membangun interaksi antara guru dan murid. Perkenalan yang bersifat standar memang, menanyakan nama, asal sekolah, hobi, cita-cita bahkan alasan memilih jurusan Akuntansi. Hal yang membuat miris adalah ketik terdapat segelintir murid yang tidak memiliki jawaban akan dua buah pertanyaan yang saya ajukan. Banyak dari mereka yang tidak memiliki minat pada akuntansi. Hal ini tentu saja menjadi sebuah tantangan bagi guru yang mengampu mata pelajaran produktif akuntansi. Tantangan yang ada ialah membangun minat belajar hingga membuat murid memilik kompetensi keahlian yang diharapkan. Terlebih lagi kesan yang sangat kental yang melekat pada akuntansi adalah angka dan perhitungan yang rumit.
Awal pembelajaran akuntansi dirasa sulit untuk para murid yang kurang memiliki minat pada jurusan ini. Namun, pembelajaran yang diharapkan adalah murid mampu memahami konsep dasar yang ada sehingga nantinya mampu mengerjakan siklus akuntansi. Sebuah pencapaian yang membutuhkan proses panjang. Sebuah proses yang akan menjadi mudah apabila murid memiliki minat belajar dan didukung dengan adanya pembelajaran yang menarik dan inovatif.

Di SMK Yadika 1, tempat saya mengajar khususnya pada jurusan Akuntansi, pembelajaran berlangsung di dalam sebuah kelas dengan kapasitas murid mencapai 37 anak. Hal ini menuntut seorang guru agar mampu membuat situasi kelas menjadi kondusif dan membuat kelas menjadi situasi yang menyenangkan agar memudahkan para murid dalam memahamu materi yang ada. Biasanya, hal yang terjadi di lapangan adalah situasi kelas sulit dikendalikan akibat banyak murid asyik dengan dunianya sendiri. Tak jarang pula, situasi kelas yang hening bak kuburan akibat para murid yang mengantuk dan kurang fokus.

Bagi murid jurusan Akuntansi khususnya kelas sepuluh, sangat penting bagi mereka untuk memahami konsep dasar akuntansi. Hal ini meliputi definisi, peran, tujuan, tahapan, bidang, profesi hingga etika profesi yang harus dimiliki oleh seorang akuntan. Seratus persen pembelajaran bersifat teoritis dan hal inilah yang menyebabkan para murid memiliki antusiasme yang rendah pada akuntansi. Padahal, hal-hal tersebut adalah sebuah pengantar menuju praktik akuntansi yang sesungguhnya. Jika pada materi konsep dasar saja para murid mengalami kesulitan, hal ini tentu saja akan menghambat proses panjang yang tadi sudah saya paparan sebelumnya.

Hal inilah yang membuat tercetusnya sebuah ide, membuat sesuatu yang menarik guna pembelajaran yang menyenangkan. Sebuah permainan monopoli sangatlah populer pada masanya, sebuah permainan yang sangat terkenal dari generasi terdahulu hingga generasi saat ini. Hal ini menjadi keuntungan apabila saya mampu mengadaptasi kemudian mengimplementasikannya dalam pembelajaran akuntansi.

Accounting Monopoly (Accpoly) merupakan permainan yang diadaptasi dari permainan monopoli dan disajikan khusus untuk para murid yang mempelajari akuntansi.

Media Ajar Accpoly ini telah terimplementasikan dalam pembelajaran di kelas dan akan dipamerkan pada acara Temu Pendidik Nusantara pada tanggal 26-27 Oktober 2019 mendatang yang diselenggarakan oleh Kampus Guru Cikal.

Inilah langkah awal yang dapat saya lakukan untuk menjadi seorang #MillennialsChangemaker.

Bagaimana denganmu?

  Komentar untuk Menumbuhkan Minat Menjadi Seorang Akuntan Melalui Media Ajar Accpoly

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!